Pengembangan Kualitas Sumber Daya Manusia Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pelayanan Jasa Kangvifo

Authors

  • Rio Widiawan Universitas Tadulako
  • Suryadi Samudra Universitas Tadulako
  • Harnida Wahyuni Adda Universitas Tadulako

DOI:

https://doi.org/10.59024/jumek.v1i2.86

Keywords:

: Pengembangan kualitas SDM, Kualitas pelayanan

Abstract

KangVifo merupakan bisnis baru yang tengah menghadapi beberapa kendala dalam menjalankan bisnisnya. Beberapa masalah yang dihadapi adalah formula pemasaran yang tidak dapat diandalkan, arus pendapatan yang tidak stabil, dan kekurangan keterampilan profesional di antara karyawan. Penelitian yang dilakukan selama enam bulan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dan observasi partisipan serta wawancara, menemukan bahwa pengembangan sumber daya manusia belum dilakukan secara sistematis, sehingga menjadi hambatan utama bagi kemajuan bisnis. Namun, KangVifo telah mengambil beberapa langkah untuk mengembangkan keterampilan karyawan, seperti berpartisipasi dalam program mentoring dan memberikan kesempatan pada semua anggota untuk berlatih di lapangan. Oleh karena itu, perusahaan perlu mengimplementasikan program pengembangan sumber daya manusia yang terstruktur untuk meningkatkan kinerja karyawan dan meningkatkan kualitas layanan. Diperlukan juga peningkatan kesadaran karyawan akan pekerjaan mereka, penguatan rasa ingin tahu, dan sikap responsif terhadap perubahan untuk meningkatkan kinerja dan kualitas layanan secara keseluruhan.

References

Febrian, W. D., Ardista, R., Kutoyo, M. S., Suryana, Y., Febrina, W., Kusnadi, K., ... & Irwanto, I. (2022). Manajemen Sumber Daya Manusia.

Nugroho, Y. A. B. (2019). Pelatihan Dan Pengembangan SDM: Teori Dan Aplikasi. Penerbit Unika Atma Jaya Jakarta.

Susan, E. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 952-962.

Suherman, N. (2021). Pengembangan Kualitas Sumber Daya Manusia Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pelayanan Pada Bengkel Al Hidayah Banjarmasin (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Kalimantan Mab).

Hasanah, H. (2017). Teknik-Teknik Observasi (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-Ilmu Sosial). At-Taqaddum, 8(1), 21-4

Rahadi, D. R. (2020). Konsep Penelitian Kualitatif Plus Tutorial Nvivo. PT. Filda Fikrindo,Bogor

Downloads

Published

2023-04-05

How to Cite

Rio Widiawan, Suryadi Samudra, & Harnida Wahyuni Adda. (2023). Pengembangan Kualitas Sumber Daya Manusia Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pelayanan Jasa Kangvifo. Jurnal Manajemen Dan Ekonomi Kreatif, 1(2), 219–225. https://doi.org/10.59024/jumek.v1i2.86

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.