PENGELOLAAN KEUANGAN DESA DI DESA TAMBU, KECAMATAN BALAESANG, KABUPATEN DONGGALA

Authors

  • Hasmita Sari Universitas Tadulako
  • Muhammad Din Universitas Tadulako
  • Faruq Lamusa Universitas Tadulako

DOI:

https://doi.org/10.59024/jnb.v1i2.95

Keywords:

Pengabdian, Pelatihan, Pengelolaan Keuangan

Abstract

Kegiatan pelatihan pengelolaan keuangan desa dilaksanakan sebagai salah satu bentuk kegiatan pengabdian yang dilaksanakan di Desa Tambu Kecamatan Balaesang Kabupaten Donggala. Pelatihan pengelolaan keuangan desa diharapkan mampu menjadi sumber baru atau referensi tambahan bagi masyarakat setempat khususnya aparatur (aparat) desa dalam hal perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan dan pertanggungjawaban pelaksanaan pengelolaan keuangan desa yang transparan dan sesuai dengan peraturan yang berlaku. Urgensi pelatihan pengelolaan keuangan desa adalah ketidaktahuan perangkat desa yang maksimal dalam mengelola hingga pertanggungjawaban, sehingga pelatihan pengelolaan keuangan desa sebagai bentuk pengabdian dilakukan dengan tujuan untuk memaksimalkan pengetahuan perangkat desa dalam pengelolaan dan pertanggungjawaban keuangan dapat dilakukan. dilakukan secara maksimal oleh perangkat Desa Tambu, Kecamatan Balaesang, Kabupaten Donggala. Dalam pelaksanaannya, kegiatan pelatihan ini menghadirkan narasumber dari tim dosen Universitas Tadulako. Kegiatan pengabdian ini dirancang dalam bentuk pelatihan yang dilaksanakan dengan metode ceramah dan diskusi antara narasumber dengan perangkat desa.

 

 

Melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan dalam bentuk pelatihan, diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan, wawasan, dan keterampilan masyarakat setempat dan perangkat desa di Desa Tambu dalam melakukan pengelolaan keuangan hingga pelaporan keuangan desa yang transparan, akuntabel. partisipatif, efektif, dan efisien.

References

Diskhamarzaweny, dkk. (2022). Pelatihan Pengelolaan Keuangan Desa di Desa Tebing Tinggi Kecamatan Benai Kabupaten Kuantan Singingi.

Junaidi. (2020). Pendampingan Pengelolaan dan Penyusunan Laporan Keuangan Pada Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Ladongi , Kecamatan Malangke , Kabupaten Luwu Utara.

Ifatul Ambar, Zulaifah, Marwata. (2020). Perencanaan Pengelolaan Keuangan Desa (Studi Kasus pada Desa Jlumpang, Kecamatan Bancak, Kabupaten Semarang).

M. Thoyib, dkk. Volume 5 nomor 2 (2020). Analisis Kinerja Pengelolaan Keuangan Desa (Studi pada Kecamatan Betung Kabupaten Banyuasin).

Suwarno. (2019). Pengelolaan Keuangan Desa: Perencanaan Sampai Dengan Pertanggungjawaban pada Desa di Kecamatan Cilo.ngok Banyumas.

Yesi Mutia Basri. Titi Desti Marianti, Rofika. (2021). Pengelolaan Keuangan Desa : Analisis Faktor yang Mempengaruhinya.

Lukman Pakaya, S.Pd., MSA, Ayu Rakhma Wuryandini, SE., M. (2018). Laporan Pengabdian Masyarakat.

Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Desa.

Zamzami, Dwi Hastuti. (2021). Sosialisasi Perencanaan dan Pengelolaan Keuangan Desa dalam Implementasi UU No.06

Tambu. Sosial Mapping.

Downloads

Published

2023-04-14

How to Cite

Hasmita Sari, Muhammad Din, & Faruq Lamusa. (2023). PENGELOLAAN KEUANGAN DESA DI DESA TAMBU, KECAMATAN BALAESANG, KABUPATEN DONGGALA. Jurnal Nusantara Berbakti, 1(2), 38–47. https://doi.org/10.59024/jnb.v1i2.95

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.