Pelatihan Alat Edukasi Hanging Paper untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung, Membaca dan Berbahasa Inggris bagi Siswa MIS Nurul Hidayah Medan

Authors

  • Rahmat Hidayat Universitas Dharmawangsa
  • Asrindah Nasution Universitas Dharmawangsa
  • M.amri Nasution Universitas Dharmawangsa

DOI:

https://doi.org/10.59024/jnb.v1i1.66

Keywords:

Metode Paper-Hanging, Meningkatkan Kinerja Guru, Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa, Meningkatkan Kemampuan Berhitung, Membaca dan Berbahasa Inggris

Abstract

Saat ini, banyak orang memperhatikan peningkatan jumlah orang terpelajar yang mempelajari siswa dan mengembangkan strategi pembelajaran yang efektif. Seiring kemajuan teknologi, orang lebih cenderung menggunakan smartphone daripada belajar dan membaca buku. Karena buku adalah kumpulan ilmu. Hal inilah yang dialami oleh Sekolah Mitra Tim Pengusul. Selain meningkatkan motivasi belajar siswa, terdapat strategi pengajaran yang dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap suatu mata pelajaran, khususnya bahasa Inggris. Hal ini berdasarkan temuan observasi awal yang dilakukan oleh tim pengusul. Permasalahan mitra yaitu perpustakaan sekolah tersebut dapat dikatakan masih sangat jauh dari kata layak, baik dari kuantitas siswa atau kualitas pemebelajarannya.

            Sistem pembelajaran yang menggunakan metode kolot membuat siswa kurang semangat untuk mempermainkan dan menerima pembelajaran seolah-olah. Oleh karena itu, tim tutor ingin menerapkan metode paper-hanging untuk meningkatkan kosa kata dan tata bahasa, serta menulis dan belajar bahasa Inggris.

Selain pengembangan strategi pembelajaran yang lebih baik, permasalahan mitra yang terlihat di lorong adalah minimnya perlengkapan sekolah. Hal ini terlihat saat guru mengamati kelas untuk pertama kalinya. Guru memperhatikan bahwa guru tidak menggunakan papan tulis selama pelajaran. Guru menggunakan media untuk membuat pembelajaran lebih menyenangkan dan efektif. Dengan penambahan media pembelajaran, kemampuan belajar siswa meningkat, meskipun pembelajaran hanya dilakukan secara terbatas. Tidaklah sulit bagi seorang guru untuk menciptakan sebuah media yang dapat menginspirasi siswa agar lebih tertarik untuk belajar. Guru harus mencermati media yang digunakan saat mengajar siswa. Diharapkan inisiatif Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini dapat memberikan solusi bagi sekolah untuk meningkatkan kinerjanya dengan memperbolehkan guru menggunakan teknologi pendidikan sekaligus memperbolehkan siswa menggunakan teknologi pendidikan selama di sekolah.

 

 

 

References

Abdullaha, S.I.S.S. and Halima, L. (2010) ‘Development of instrument measuring the level of teacher’s pedagogical content knowledge (PCK) in Environmental Education’, in Procedia - Social and Behavioral Sciences, pp. 174–178. Available at: https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.12.131.

Abidah, L. et al. (2022) ‘Improving Distance Learners’ Writing Skills Through Comic Strip Creation: A Project-Based Learning’, EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(4), pp. 5954–5962. Available at: https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3520.

Ardiansyah, D. (2019) ‘Pengembangan Multimedia Pembelajaran Vocabulary Materi Buah-Buahan Berbasis Mobile Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas III SD’, JINOTEP (Jurnal Inovasi Teknologi Pembelajaran), 5(2), pp. 69–73.

Arsyad, A. (2013) Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Asih, R., Alonzo, D. and Loughland, T. (2022) ‘The critical role of sources of efficacy information in a mandatory teacher professional development program: Evidence from Indonesia’s underprivileged region’, Teaching and Teacher Education, 118. Available at: https://doi.org/10.1016/j.tate.2022.103824.

Asih, R.A. and Alief, L. (2022) ‘Students’ experiences and learning objectives: Implications for future online learning’, Journal of Education and Learning (EduLearn), 16(2), pp. 226–234. Available at: https://doi.org/10.11591/edulearn.v16i2.20422.

Asih, R.A. and Halisiana, H.T. (2022) ‘Enhancing students’ speaking skill through a game-based learning innovation of family game show’, JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 8(1). Available at: https://doi.org/10.22219/jinop.v8i1.20400.

Basal, A., Toraman, M. and Celen, K.M. (2021) ‘ONCOLL: A quasi-experimental study on the effect of a web-based platform on teaching collocations’, Eurasian Journal of Applied Linguistics, 7(1), pp. 68–84. Available at: https://doi.org/10.32601/ejal.911181.

Cohen, L., Manion, L. and Morrison, K. (2018) Research Methods in Education, Sixth Edition.

Hasan, M. (2009) Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Diva Press.

Hidayati (2017) ‘Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris Anak Usia Dini Dengan Kartu Bergambar’, Al Hikmah: Indonesian Journal Of Early Childhood Islamic Education, 1(1), pp. 67–86.

Suwarno, Wiji, 2010. Pengetahuan Dasar Kepustakaan. Bogor: Ghalia Indonesia.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Sardiman, A. 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Uno B., H. 2011. Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Rahim & Wahyuni. 2019. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMK Negeri 5 Medan”. Jurnal Teknologi Kesehatan dan Ilmu Sosial Vol. 1 No. 1, page 1-8.

Downloads

Published

2023-01-25

How to Cite

Rahmat Hidayat, Asrindah Nasution, & M.amri Nasution. (2023). Pelatihan Alat Edukasi Hanging Paper untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung, Membaca dan Berbahasa Inggris bagi Siswa MIS Nurul Hidayah Medan . Jurnal Nusantara Berbakti, 1(1), 102–109. https://doi.org/10.59024/jnb.v1i1.66

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.