Pemberdayaan Perempuan Sebagai Upaya Meningkatkan Ekonomi Keluarga Melalui Pelatihan Pembuatan Stik Kelor

Authors

  • Petrince Julianingsih Universitas Tadulako
  • Muhammad Din Universitas Tadulako
  • Faruq Lamusa Universitas Tadulako

DOI:

https://doi.org/10.59024/jnb.v1i2.96

Keywords:

pemberdayaan, perempuan, daun kelor

Abstract

Perempuan berperan penting dalam pembangunan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan rumah tangga. Namun kendala seperti ketakutan untuk memulai usaha, kurangnya pemahaman tentang peluang usaha, pengembangan usaha, kurangnya kreativitas wirausaha, dan kurangnya keterampilan dalam memproduksi industri rumah tangga menyebabkan banyak perempuan di Desa Tambu tidak memiliki usaha. Oleh karena itu, penting untuk fokus pada upaya pemberdayaan perempuan di bidang ekonomi. Artikel ini akan membahas bagaimana memaksimalkan potensi perempuan dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi rumah tangga melalui pelatihan pembuatan batang kelor. Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk menggali dan mengasah kemampuan perempuan serta memberikan dorongan dan motivasi bagi perempuan untuk dapat mandiri menjalankan usaha. Hasil observasi dan analisis mengungkapkan bahwa pemberdayaan perempuan melalui pelatihan, pendampingan dan pendampingan dapat membantu perempuan memperoleh pendapatan yang lebih baik dan memperkuat posisinya dalam keluarga dan masyarakat. Diharapkan pelatihan yang telah diberikan dapat membantu masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi keluarganya dan mampu mengelola usaha.

References

Setiawati, E., & Rozinah, S. (2020). Pemberdayaan Ibu-Ibu RumahTangga Dalam Upaya Meningkatkan Ekonomi

Keluarga Melalui Pengelolaan Usaha Rumahan di Tangerang Selatan. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 231-240.

Endah, K. (2020). Pemberdayaan masyarakat: Menggali potensi lokal desa. Moderat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 6(1), 135143.

Cahyani, P. D., Azwar, A., & Purnamarini, T. R. (2021). Pemberdayaan Masayarakat Sebagai Upaya Meningkatkan Pendapatan Rumah Tangga Melalui Pelatihan Kerajinan Tie Dye. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(6), 3203-3211.

Wijayanti, R. (2018). Pendampingan dan Dukungan Keluarga dan Masyarakat sebagai Faktor Pemberdayaan Perempuan. Jurnal Kesejahteraan Perempuan, 5(1), 45-53.

Asy’ari, M. H. Al. (2017). Pemberdayaan Masyarakat Desa Melalui Pelatihan Ternak Bebek Dalam Rangka Meningkatkan Pendapatan Keluarga di Desa Kedung Melati Kecamatan Kesamben Kabupaten Jombang. J+Plus Unesa, 6(3).

Peraturan Menteri Dalam Negeri No.14 Tahun 2014 pada pasal 6.

Widodo, S. E. (2018). Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia. Pustaka Pelajar.

Lubem, A. E., & Sarah, D. H. (2018). Moderating Effect of Self-Efficacy on the Relationship between Women Empwerment and New

Venture Creation in Benue State Nigeria. International Journal of Information, Business and Management, Vol 10, No.2.

Mardikanto, Totok dan Poerwoko Soebiato. (2019). Pemberdayaan Masyarakat dalam Perspektif Kebijakan Publik. Bandung : Penerbit Alfabeta

Sulistyani Ambar Teguh, (2018), Kemitraan dan Model-Model Pemberdayaan.

Latipah, I. (2020). Pemberdayaan Perempuan Melalui Pemanfaatan Media Youtube dalam Meningkatkan Keterampilan Wirausaha. Jurnal COMM-EDU, 84.

https://kbbi.web.id/latih diakses pada tanggal 27 Februari 2023

Downloads

Published

2023-04-15

How to Cite

Petrince Julianingsih, Muhammad Din, & Faruq Lamusa. (2023). Pemberdayaan Perempuan Sebagai Upaya Meningkatkan Ekonomi Keluarga Melalui Pelatihan Pembuatan Stik Kelor . Jurnal Nusantara Berbakti, 1(2), 48–57. https://doi.org/10.59024/jnb.v1i2.96

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.