Pendampingan Belajar Bangun Datar Melalui Media Tangram 7 Di Rumah Baca Hasan-Savvas Kota Lhokseumawe

Authors

  • Mutia Fonna Universitas Malikussaleh, Aceh Utara
  • Iryana Muhammad Universitas Malikussaleh, Aceh Utara
  • Marhami Marhami Universitas Malikussaleh, Aceh Utara
  • Rohantizani Rohantizani Universitas Malikussaleh, Aceh Utara
  • Nanda Novita Universitas Malikussaleh, Aceh Utara

DOI:

https://doi.org/10.59024/jnb.v1i1.51

Keywords:

Pendampingan, Bangun Datar, Tanggram 7.

Abstract

Pembelajaran matematika tingkat Sekolah Dasar yang dirasa sulit pada masa pandemi Covid-19, minimnya kegiatan belajar matematika dan rendahnya kemampuan anak-anak dalam menentukan bangun datar di Rumoh Baca Hasan Savvas menjadi latar belakang kegiatan pengabdian. Tujuan pengabdian ini adalah memberikan pendampingan belajar matematika materi bangun datar dengan menarik, yaitu melalui media Tanggram 7. Partisipan berjumlah 15 orang anak-anak tingkat Sekolah Dasar yang berada di sekitar Rumoh Baca Hasan Savvas di Gampong Jambo Timu Kecamatan Blang Mangat, Kota Lhokseumawe. Metode yang digunakan yaitu sosialisasi, diskusi, latihan soal dan pembahasan. Hasil pendampingan menunjukkan pada setiap pembelajaran peserta terlihat senang, aktif dan memperhatikan pembahasan media Tanggram 7. Peserta tertarik mengubah-ubah bentuk bangun datar dari media Tangram 7, sehingga berdampak pada peningkatan pengetahuan terhadap materi bangun datar. Peningkatan pengetahuan dapat dilihat dari perolehan nilai N-Gain sebesar 72% dengan kriteria Tinggi. Hasil pendampingan menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan terhadap bangun datar melalui media Tangram 7.

References

Astuti, E. R. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Datar Menggunakan Media Tangram pada Siswa Kelas II SD Negeri Kemiri Kabupaten Sidoarjo. e-Jurnal Mitra Pendidikan, 3(4), 602-616.

Fonna, M., Marhami, M., Rohantizani, R., & Herizal, H. (2022). Pengembangan Learning Management System (Lms) Berbasis Moodle Di Masa Pandemi Covid-19. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(1). 493-503.

Marhami, M., Fonna, M., Mursalin, M., & Nuraina, N. (2020). The Effect of Video Conference Assisted Online Learning on Students’ Mathematical Problem Solving Ability during the Covid-19 Pandemic. International Journal for Educational and Vocational Studies, 2(11), 947–951.

Mufti, N. N., Pranata, O. H., & Muharram, M. R. W. (2020). Studi Literatur: Tangram Sebagai Media Pembelajaran Geometri. JKPD (Jurnal Kajian Pendidikan Dasar), 5(2), 91-97.

Marhami. (2018) Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP melalui Strategi Pembelajaran Konflik Kognitif. Jurnal Numeracy. 5 (2): 146-153.

Sarah dan Latifaturrahmah, L. (2015). Penggunaan Media Tangram dalam Pembelajaran Matematika Pada Materi Kesebangunan di Kelas IX MTsS Siti Maryam Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Matematika. 3 (1): 81-102.

Taufik, A., & Riyadi, M. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Tangram Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika (JES-MAT), 5(2), 85-98.

Runisah, R., Nandang, N., & Ismunandar, D. (2022). Pendampingan Belajar Bangun Datar Melalui Media Tangram 7. Jurnal Pengabdian Masyarakat MIPA dan Pendidikan MIPA, 6(1), 57-62.

Downloads

Published

2023-01-03

How to Cite

Mutia Fonna, Iryana Muhammad, Marhami Marhami, Rohantizani Rohantizani, & Nanda Novita. (2023). Pendampingan Belajar Bangun Datar Melalui Media Tangram 7 Di Rumah Baca Hasan-Savvas Kota Lhokseumawe. Jurnal Nusantara Berbakti, 1(1), 01–09. https://doi.org/10.59024/jnb.v1i1.51

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.