Sosialisasi untuk Meningkatkan Minat Baca dan Literasi dengan Mengunakan Media Pohon Literasi di SD 106824 Basamat Gunung Rintih Kab. Deli Serdang
DOI:
https://doi.org/10.59024/jnb.v3i1.486Keywords:
Kata Kunci : Literasi, Minat Baca, Pohon Literasi, SosialisasiAbstract
Tujuan dari kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini adalah untuk meningkatkan pemahaman tentang pentingnya minat baca dan literasi siswa di SD 106824 Basamat, Kabupaten Deli Serdang, melalui penerapan media pohon literasi. Penelitian kuantitatif ini melibatkan 50 siswa yang dipilih secara purposive. Kegiatan dimulai dengan pre-test untuk mengukur tingkat pemahaman awal siswa mengenai minat baca dan literasi. Setelah itu, dilakukan sosialisasi penggunaan media pohon literasi untuk mendorong minat baca siswa dan meningkatkan keterampilan literasi mereka. Setelah kegiatan selesai, dilaksanakan post-test untuk menilai perubahan yang terjadi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dengan nilai n-gain sebesar 0,250, meskipun masih terdapat potensi untuk peningkatan lebih lanjut. Diharapkan kegiatan ini dapat memicu terciptanya budaya literasi yang berkelanjutan di sekolah.
References
Alpian, Y., Anggraeni, S. W., Wiharti, U., & Soleha, N. M. (2019). Pentingnya pendidikan bagi manusia. Jurnal buana pengabdian, 1(1), 66-72.
Arsyad, M. Z. T. (2020). Pengembangan Keterampilan Menulis Reflektif Siswa Sekolah Dasar Melalui Pohon Literasi. Jurnal Pena Karakter, 2(2).
Banik, Huyen Bui Niranjan, Adam Koesoemadinata, and C. I. Charles Wagner. "Pembelajaran Literasi Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia." (2020).
Bhala, Maria Regina, et al. "PENERAPAN MEDIA POHON LITERASI DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA SAINS SISWA SD." Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti 11.2 (2024): 344-357.
Dinatha, (2018). Literasi digital dalam pembelajaran berani. eksponen , 11 (1), 20-27
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Nusantara Berbakti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.