Pemanfaatan Aplikasi TikTok Shop Sebagai Media Promosi Terhadap UMKM Toko Hijab Abiee Hijab di MMTC

Authors

  • Siti Aisyah Universitas Islam NegeriSumatera Utara
  • Raudatun Sumi Universitas Islam NegeriSumatera Utara
  • Sonia Purba Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Finik Kharianti Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Melsa Siagian Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.59024/jnb.v1i1.52

Keywords:

Aplikasi, TikTok Shop, Media, Promosi

Abstract

Era digital adalah sebuah masa atau zaman dimana hampir seluruh bidang dalam tatanan kehidupan sudah dibantu dengan teknologi digital. Pada era digital, pola berbelanja masyarakat menjadi bergeser, kegiatan yang awal mulanya dilakukan dengan cara bertemu dan bertatap muka secara langsung atau melalui media konvensional seperti televisi, radio bahkan koran. Digital marketinga dalah sebuah kegiatan mempromosikan produk atau jasa (branding) yang dilakukan lewat website maupun media sosial. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana perkembangan pemasaran dan bagaimana pemanfaatan media sosial seperti Tiktok sebagai mediapromosioleh Bigissimo.id di MasaPandemi di UMKM khususnya salah satu toko hijab Abiee yang ada di MMTC Blok G-18. Adapun metode yang dilakukan penulis dalam kegiatan ini adalah dengan melakukan wawancara, kuesioner dan pengarahan penggunaan aplikasi Tiktok. Upaya atau usaha yang akan dilakukan oleh penulis terhadap UMKM Toko Hijab Abiee adalah dengan memperkenalkan marketing digital melalui aplikasi Tiktok

References

Aldila Safitri, R. dan I. (2021). Penerapan Teori Penetrasi Sosial pada Media Sosial: Pengaruh Pengungkapan Jati Diri melalui TikTok terhadap Penilaian Sosial. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(1), 1–9. https://doi.org/https://doi.org/10.47233/jteksis.v3i1.180

Dewa, C. B. & Safitri, L. A. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Sebagai Media Promosi Industri Kuliner Di Yogyakarta Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Akun TikTok Javafoodie). Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 12(1), 65–71. https://doi.org/https://doi.org/10.31294/khi.v12i1.10132

Latham, T. M. dan K. (2011). Social Media : The Business Benefit May Be Enermous, But Can The Risks Reputation, Legal, Operational Bemitigated Information LawGroup. Information LawGroup.

Nabilah, I. (2021). Pemanfaatan Digital Marketing dalam Strategi Bisnis.

Nasional, D. P. (2015). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka.

Nurlinda L Ucu, Sary Paturusi, S. R. U. A. S. (2018). Analisa Pemanfaatan E-Learning Untuk Proses Pembelajaran. Jurnal Teknik Informatika, 13(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.35793/jti.13.1.2018.20196

PG, R. (2021). Fitur Baru TikTok Live untuk Kreator, Bisa Tanya Jawab dan Bikin Jadwal Live Streaming.

Puguh Kurniawan. (2017). Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Komunikasi Pemasaran Modern Pada Batik Burneh Puguh Kurniawan Universitas Trunojoyo Madura. Kompetensi, 11(2), 217–225. http://journal.trunojoyo.ac.id/kompetensi/article/view/3533

Ramadhan. (2021). Analisis Teknik Digital Marketing pada Aplikasi Tiktok (Studi Kasus Akun TikTok @jogjafoodhunterofficial). Socia: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 18(1), 49–60.

Ramby, K. (2022). Konsistensi Kreator Konten TikTok Dalam Memproduksi Video Sebagai Aplikasi Nomer Satu Di App Store. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Statista. (2020). Negara Pengguna TikTok Terbesar, Indonesia Bukan yang Pertama. Databooks. https://databoks-series.katadata.co.id/datapublish/2020/07/06/negara-pengguna-tiktok-terbesar-indonesia-bukan-yang-pertama

Sudrajat, M. T. dan R. H. (2021). Efektivitas TikTok Sebagai Media Promosi Produk Scarlett Whitening. E-Proceeding of Management, 8(5), 6779.

Yuniarti. (2020). Pengaruh Promosi Online Melalui Tiktok Terhadap Peningkatan Penjualan Produk Usaha di Masa Pandemi Covid-19. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Downloads

Published

2023-01-03

How to Cite

Siti Aisyah, Raudatun Sumi, Sonia Purba, Finik Kharianti, & Melsa Siagian. (2023). Pemanfaatan Aplikasi TikTok Shop Sebagai Media Promosi Terhadap UMKM Toko Hijab Abiee Hijab di MMTC . Jurnal Nusantara Berbakti, 1(1), 10–20. https://doi.org/10.59024/jnb.v1i1.52

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.