Analisis Promosi Pariwisata Pada Dinas Pariwisata Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Ke Toraja Utara
DOI:
https://doi.org/10.59024/semnas.v2i2.230Keywords:
Tourist Visits, Tourism Promotion, North TorajaAbstract
This research aims to find out what promotions are used by the North Toraja Tourism Office to increase tourist visits. This research uses a qualitative approach as a research procedure which produces descriptive data in the form of written words and not numbers. The results of this research are achievements for tourism development in North Toraja, promotion includes: a) Advertising, by placing tourism advertisement containing notifications about tourism regarding the natural beauty and culture of North Toraja. b) Sales Promotion, carried out through exhibitions or events. c) Public Relations, carried out in collaboration with organizations or agencies and companies operating in the tourism sector such as ASITA, HPI and PHRI institutions. d) Direct Marketing, carried out through online channels.
References
Adnyaswari, K. C., & Nuraeni, R. (2020). Strategi Komunikasi Dinas Pariwisata Kabupaten Karangasem dalam Meningkatkan Kunjungan Wisata Pasca Erupsi Gunung Agung. Jurnal Master Pariwisata (JUMPA), 7(1), 280-301.
Ambarawati. (2011). Evaluasi Strategi Promosi Dinas Pariwisata Provinsi Bali Dalam Evant Pesta Kesenian Bali Untuk Menarik Wisatawan Mancanegara. Yogyakarta. Fakultas Ilmu Sosial Politik Universitas Pembangunan Nasional “Veteran”
Asghary, H. (2020). Strategi komunikasi pariwisata dinas pariwisata kabupaten Bima dalam meningkatkan minat wisatawan. Commicast, 1(1), 6-9.
Anggraini, C. K. (2018). Analisis Strategi Promosi Wisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi dalam Peningkatan Kunjungan Wisatawan di Kabupaten Banyuwangi (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq
Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Azakiyah, A. N. (2013). Strategi Promosi Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Di Pantai Tanjung Bira Kecamatan Bontobahari Kabupaten Bulukumba (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar).
Basu Swasta dan T.Hani handoko, (2018), Mananjemen Pemasaran, analisa perilaku konsemen, edisi pertama, cetakan keempat, penerbit BPFE, Yogyakarta
Basu Swasta dan Irawati, (2013). Manajemen Pemasaran Modern, BPFE-UGM Yogyakarta
Desandro, M. B. (2021). Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Dinas Pariwisata Kabupaten Lebak dalam Mempromosikan Event Wisata Seba Baduy (Doctoral dissertation, Universitas Islam Indonesia).
Kotler.(2005). Manajemen Pemasaran, Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia
Pendit (2011), Ilmu Pariwisata Sebuah Pengantar Perdana. Jakarta: PT.Pradnya Paramita
Rohimah, A. (2017). Strategi Komunikasi Pemasaran Pariwisata Banyu Mili dalam Peningkatan Jumlah Pengunjung. Jurnal Representamen, 3(02).
Rismayadi, T. (2016). Aktivitas Promosi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Lombo Barat Dalam Meningkatkan Jumah Kunjungan Wisatawan. Depertemen Ilmu Komuikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Hasanudin.
Sumiyati, S., & Murdiyanto, L. (2018). Strategi komunikasi pemasaran pariwisata untuk meningkatkan kunjungan wisatawan di Pantai Suwuk Kabupaten Kebumen. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 17(2), 171-180.
Soekadijo, (2014). Anatomi Pariwisata. Jakarta: Gremedia Pustaka Utama
Sugiyono, (2009), Metode Penelitian Kualitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung : Alfabeta.
Surwantoro, Gamal. 2015. Dasar-dasar Pariwisata. Yogyakarta : Andi Offset
Tjiptono, Fandy. 2015. Strategi Pemasaran. Edisi 4 : Andi
Tapparan, S. R., Rambulangi, A. C., Mantong, A., & K. Pongtuluran, A. (2022). Strategi pengembangan obyek wisata Hutan Pinus To’Nakka Ulusalu Kecamatan Saluputti Kabupaten Tana Toraja. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 5(4), 1909–1915. https://doi.org/10.32670/fairvalue.v5i4.2621
Ummah, S. M. (2021). STRATEGI PENGEMBANGAN DESA WISATA SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DESA (PADes) (Studi Kasus desa wisata Galengdowo Wodosalam). Jombang: STIE PGRI Dewatara.
Wahyu, W.,& Herlan, M. (2021). Faktor Promosi dan Sarana Prasarana Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Di Objek Wisata Danau Tasikardi Serang-Banten. Jurnal Destinasi Pariwisata, 9(2), 356-363
Wisyasti, (2013), Skripsi Strategi Promosi Pariwisata pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Pemuda dan olahraga, fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta
Internet :
http://repository.unpas.ac.id/30732/5/8.%20BAB%20lll.pdf diakses pada February 2016
http://repository.ummat.ac.id/4941/01%20COVER-%20iii.pdf diakses pada desember 2019
http://eprints.polsri.ac.id/4983/3/BAB%20ll%20new.pdf diakses 2013
Zhuhaeny, Adriana Madya Marampa, S. M. P. (2023). Analisis Pengelolaan Keuangan Objek Wisata Hutan Pinus Buntudatu. 2(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ika Kendek, Isak Pasulu, Abedneigo.C. Rambulangi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.