Analisis Promosi Pariwisata Pada Dinas Pariwisata Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Ke Toraja Utara

Authors

  • Ika Kendek Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Isak Pasulu Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Abedneigo.C. Rambulangi Universitas Kristen Indonesia Toraja

DOI:

https://doi.org/10.59024/semnas.v2i2.230

Keywords:

Tourist Visits, Tourism Promotion, North Toraja

Abstract

This research aims to find out what promotions are used by the North Toraja Tourism Office to increase tourist visits. This research uses a qualitative approach as a research procedure which produces descriptive data in the form of written words and not numbers. The results of this research are achievements for tourism development in North Toraja, promotion includes: a) Advertising, by placing tourism advertisement containing notifications about tourism regarding the natural beauty and culture of North Toraja. b) Sales Promotion, carried out through exhibitions or events. c) Public Relations, carried out in collaboration with organizations or agencies and companies operating in the tourism sector such as ASITA, HPI and PHRI institutions. d) Direct Marketing, carried out through online channels.

 

References

Adnyaswari, K. C., & Nuraeni, R. (2020). Strategi Komunikasi Dinas Pariwisata Kabupaten Karangasem dalam Meningkatkan Kunjungan Wisata Pasca Erupsi Gunung Agung. Jurnal Master Pariwisata (JUMPA), 7(1), 280-301.

Ambarawati. (2011). Evaluasi Strategi Promosi Dinas Pariwisata Provinsi Bali Dalam Evant Pesta Kesenian Bali Untuk Menarik Wisatawan Mancanegara. Yogyakarta. Fakultas Ilmu Sosial Politik Universitas Pembangunan Nasional “Veteran”

Asghary, H. (2020). Strategi komunikasi pariwisata dinas pariwisata kabupaten Bima dalam meningkatkan minat wisatawan. Commicast, 1(1), 6-9.

Anggraini, C. K. (2018). Analisis Strategi Promosi Wisata Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi dalam Peningkatan Kunjungan Wisatawan di Kabupaten Banyuwangi (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Azakiyah, A. N. (2013). Strategi Promosi Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Di Pantai Tanjung Bira Kecamatan Bontobahari Kabupaten Bulukumba (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar).

Basu Swasta dan T.Hani handoko, (2018), Mananjemen Pemasaran, analisa perilaku konsemen, edisi pertama, cetakan keempat, penerbit BPFE, Yogyakarta

Basu Swasta dan Irawati, (2013). Manajemen Pemasaran Modern, BPFE-UGM Yogyakarta

Desandro, M. B. (2021). Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Dinas Pariwisata Kabupaten Lebak dalam Mempromosikan Event Wisata Seba Baduy (Doctoral dissertation, Universitas Islam Indonesia).

Kotler.(2005). Manajemen Pemasaran, Jilid 1 dan 2. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia

Pendit (2011), Ilmu Pariwisata Sebuah Pengantar Perdana. Jakarta: PT.Pradnya Paramita

Rohimah, A. (2017). Strategi Komunikasi Pemasaran Pariwisata Banyu Mili dalam Peningkatan Jumlah Pengunjung. Jurnal Representamen, 3(02).

Rismayadi, T. (2016). Aktivitas Promosi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Lombo Barat Dalam Meningkatkan Jumah Kunjungan Wisatawan. Depertemen Ilmu Komuikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Hasanudin.

Sumiyati, S., & Murdiyanto, L. (2018). Strategi komunikasi pemasaran pariwisata untuk meningkatkan kunjungan wisatawan di Pantai Suwuk Kabupaten Kebumen. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 17(2), 171-180.

Soekadijo, (2014). Anatomi Pariwisata. Jakarta: Gremedia Pustaka Utama

Sugiyono, (2009), Metode Penelitian Kualitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung : Alfabeta.

Surwantoro, Gamal. 2015. Dasar-dasar Pariwisata. Yogyakarta : Andi Offset

Tjiptono, Fandy. 2015. Strategi Pemasaran. Edisi 4 : Andi

Tapparan, S. R., Rambulangi, A. C., Mantong, A., & K. Pongtuluran, A. (2022). Strategi pengembangan obyek wisata Hutan Pinus To’Nakka Ulusalu Kecamatan Saluputti Kabupaten Tana Toraja. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 5(4), 1909–1915. https://doi.org/10.32670/fairvalue.v5i4.2621

Ummah, S. M. (2021). STRATEGI PENGEMBANGAN DESA WISATA SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DESA (PADes) (Studi Kasus desa wisata Galengdowo Wodosalam). Jombang: STIE PGRI Dewatara.

Wahyu, W.,& Herlan, M. (2021). Faktor Promosi dan Sarana Prasarana Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Di Objek Wisata Danau Tasikardi Serang-Banten. Jurnal Destinasi Pariwisata, 9(2), 356-363

Wisyasti, (2013), Skripsi Strategi Promosi Pariwisata pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Pemuda dan olahraga, fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Yogyakarta

Internet :

http://repository.unpas.ac.id/30732/5/8.%20BAB%20lll.pdf diakses pada February 2016

http://repository.ummat.ac.id/4941/01%20COVER-%20iii.pdf diakses pada desember 2019

http://eprints.polsri.ac.id/4983/3/BAB%20ll%20new.pdf diakses 2013

Zhuhaeny, Adriana Madya Marampa, S. M. P. (2023). Analisis Pengelolaan Keuangan Objek Wisata Hutan Pinus Buntudatu. 2(1).

Downloads

Published

2023-09-26

How to Cite

Ika Kendek, Isak Pasulu, & Abedneigo.C. Rambulangi. (2023). Analisis Promosi Pariwisata Pada Dinas Pariwisata Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Ke Toraja Utara. Prosiding Seminar Nasional Manajemen Dan Ekonomi, 2(2), 14–27. https://doi.org/10.59024/semnas.v2i2.230

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.