TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PADA GANDRIAL COFFESHOP DI KECAMATAN MAKALE KABUPATEN TANA TORAJA
DOI:
https://doi.org/10.59024/semnas.v1i2.23Keywords:
Kepuasan Pelanggan, Pelayanan.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pelanggan terhadap kualitas pelayanan pada Gandrial Coffee Shop di Kecamatan Makale Kabupaten Tana Toraja. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan melalui prosedur pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu menggunakan rumus CSI dil lengkapi dengan tabel customer satisfaction index (CSI). Hasil dari penelitian ini yaitu 82% menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pelanggan terhadap kualitas pelayanan pada Gandrial Coffee Shop di Kecamatan Makale Kabupaten Tana Toraja berada pada kategori sangat puas.
References
Febriansyah, Nicko. (2012). “Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Anggota Sembada Fitnes”
Handayani, J., Derriawan, D., & Hendratni, T. W. (2020). Pengaruh desain produk terhadap keputusan pembelian dan dampaknya pada kepuasan konsumen Shopping Goods. 10(1), 91–103. https://doi.org/10.14414/jbb.v10i1.2261
Handoko, B. (2017). Pengaruh Promosi, Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Titipan Kilat JNE Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 18(1), 61–72. https://doi.org/10.30596/jimb.v18i1.1098
Irfan, A. M. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Fasilitas Yang Diberikan Kenari Waterpark Bontang Terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan. Al-Infaq: Jurnal Ekonomi Islam, 9(2), 82. https://doi.org/10.32507/ajei.v9i2.451
JS, S., & Andayani, N. R. (2019). Analisis Kepuasan Pelanggan Terhadap Kualitas Pelayanan Di Pt Ramajaya Copier. Journal of Applied Business Administration, 3(1), 119–131. https://doi.org/10.30871/jaba.v3i1.1291
Putro, S. W., Semuel, H., & Brahmana, R. K. (2014). Penagaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk Terhadap 73 Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Konsumen Restoran Happy Garden Surabaya
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RD (Prof. Dr. Sugiyono) (z-lib.org).pdf (p. 81).