Strategi Promosi Rumah Makan Soponyono Dalam Mempertahankan Pelanggan Di Kecamatan Kesu’ Kabupaten Toraja Utara

Authors

  • Jeanne Fransisca Bokko Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Abedneigo.C. Rambulangi Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Mey.E. Limbongan Universitas Kristen Indonesia Toraja

DOI:

https://doi.org/10.59024/semnas.v2i2.231

Keywords:

Promotion Strategy, Social Media, Customers

Abstract

This research aims to answer the questions (1) How is the promotion and promotion strategy carried out by Rumah Makan Soponyono? (2) How to retain customers? This study used descriptive qualitative method. Data was collected by means of observation, interviews and documentation with business owners, employees and customers of Soponyono Restaurant. The results obtained from this research are the Promotion Strategy for Soponyono Restaurant using promotional media using social media, namely WhatsApp and how to retain customers by exchanging good, polite and friendly messages towards customers and convincing customers that at Soponyono Restaurant the food and drink menus are delicious. , delicious and comfortable place.

References

Desky. (2019). Strategi Pengembangan Usaha Jamu Dalam Mempertahankan Eksistensi Jamu Tradisional Mbah Gedong Di Rejotangan Tulungagung. Business, Entrepreneurhip, And Management Journal.

Ellin Patandungan. (2022). Analisis Strategi Promosi Dalam Meningkatkan Jumlah Peserta Didik Pada SMK Pati Di Rantepao. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Terapan (JESIT).

Fitria & Farida. (2018). Strategi Promosi Kreatif Dan Strategi Pemasaran Inteksin Dalam Meningkatkan Penjualan. Akuntabel.

Fred David. (2011). Strategi Dinas Pariwisata Dalam Mempromosikan Pariwisata Di Kota Bitung. Jurnal Jurusan Ilmu Pemerintah.

George E.Belch dan Michael A.Belch. (2018). Sales Promotion Sebagai Komunikasi Pemasaran Usaha Kecil Menengah(Ukm)"Mie Ayam Bakso Sopo Nyono" Dimasa Pandemik Covid19. Jurnal Tambora, 16.

Hedynata & Radianto. (2016). Membuat Strategi Promosi Dalam Membangun Brand Awareness Terhadap Rumah Makan Padang Panjang Di Instagram. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat Lppm Umj.

Ichwanda dkk. (2015). Analisis Strategi Pemasaran Sebagai Strategi Persaingan Bisnis : Studi Kasus Bisnis Kuliner Rumah Makan Khas Aceh"Hasan" Di Kota Banda Aceh. Jurnal Mahasiswa Akuntansi Samudra(Jmas).

Kotler and Armstrong(Kotler et al., ). (2012). Membuat Strategi Promosi Dalam Membangun Brand Awareness Terhadap Rumah Makan Padang Panjang Di Instagram. Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat Lppm Umj.

Kotler dan Amstrong. (2013). Bauran Pemasaran Sebagai Materi Pokok Dalam Manajemen Pemasaran (2020th Ed.).

Kotler Dan Keller. (2013a). Bauran Pemasaran Sebagai Materi Pokok Dalam Manajemen Pemasaran (2020th Ed.).

Kotler dan Keller. (2013b). Perancangan Bauran Promosi Pada Usaha Makanan Perusahaan Pie Elis. Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 498.

Nugroho dalam Purnomo etwin setio. (2017). Manajemen Pemasaran karya Asep Muhammad Ramdan, dkk, diterbitkan pertama kali oleh penerbit haura utama, 2023.

Rini Lestari. (2015). Sales Promotion Sebagai Komunikasi Pemasaran Usaha Kecil Menengah(Ukm)"Mie Ayam Bakso Sopo Nyono" Dimasa. Jurnal Tambora, 88.

Rusydi. (2017). Analisis store atmosphere dan kualitas pelanggan berdasarkan resepsi pelanggan Vol. 1, No 4 Desember 2022. Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen.

Sangadji dan Sopiah. (2013). Perancangan Bauran Promosi Pada Usaha Makanan Perusahaan Pie Elis. Performa: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 18.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung : CV Alfabeta.

Sutama. (2020). Strategi Mempertahankan Eksistensi Usaha Dalam Menghadapi Perubahan Pola Konsumsi Dan Perilaku Masyarakat Di Masa Pandemi Covid-19. Jmm(Jurnal Masyarakat Mandiri).

Sutari & Dalem. (2017). Strategi Promosi Kreatif Dan Strategi Pemasaran Inteksin Dalam Meningkatkan Penjualan. Akuntabel.

Tjiptono dan Chandra. (2012). Perancangan Bauran Promosi Pada Usaha Makanan Perusahaan Pie Elis. Performa: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 343.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Tapparan, S. R., Rambulangi, A. C., Mantong, A., & K. Pongtuluran, A. (2022). Strategi pengembangan obyek wisata Hutan Pinus To’Nakka Ulusalu Kecamatan Saluputti Kabupaten Tana Toraja. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 5(4), 1909–1915. https://doi.org/10.32670/fairvalue.v5i4.2621

Widharta dan Sugiharto. (2013). Analisis Strategi Pemasaran Sebagai Strategi Persaingan Bisnis : Studi Kasus Bisnis Kuliner Rumah Makan Khas Aceh “Hasan” Di Kota Banda Aceh. Jurnal Mahasiswa Akuntansi Samudra (Jmas), 3.

Downloads

Published

2023-09-26

How to Cite

Jeanne Fransisca Bokko, Abedneigo.C. Rambulangi, & Mey.E. Limbongan. (2023). Strategi Promosi Rumah Makan Soponyono Dalam Mempertahankan Pelanggan Di Kecamatan Kesu’ Kabupaten Toraja Utara. Prosiding Seminar Nasional Manajemen Dan Ekonomi, 2(2), 28–38. https://doi.org/10.59024/semnas.v2i2.231

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.