Analisis Keputusan Wisatawan Berkunjung Ke Objek Wisata Tilanga

Authors

  • Arah Pratiwi Topang Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Isak Pasulu Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Abedneigo. C. Rambulangi Universitas Kristen Indonesia Toraja

DOI:

https://doi.org/10.59024/semnas.v2i2.229

Keywords:

Tourist Decisions to Visit

Abstract

The problem of this research is how tourists decide to visit the Tilanga' tourist attraction. The types of data used are primary and secondary data with data collection techniques through observation and interviews with managers and visitors so that the data collected is truly accurate according to the researcher's needs. This research uses qualitative methods, data obtained from interviews and observations. The results of this research show that the respondents' decision to visit the Tilanga' tourist attraction was because the attraction of this object was able to make visitors come to the Tilanga' tourist attraction, such as the clear water, the atmosphere at one with nature, and even the Masapi that was there was able to attract tourists to visit.

References

A.J., Muljadi, 2012, Kepariwisataan dan Perjalanan, Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Aileen, Ezra, Orlando Gaberamos, Innocentius Bernarto, and Henry Pasaribu. 2021. Enrichment: Journal of Management The Effect Of Social Media Marketing, Word Of Mouth, And Effectiveness Of Advertisi"

Akbar, Adam. 2012. “Analisis Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Notebook Toshiba”. Jurnal Manajemen dan Akuntansi, volume 12, nomor 2. Uni. http://publication.gunadarma.ac.id/handle/123456789/6152. Halaman 14-20

Ananto, O. 2018. Persepsi pengunjung pada objek wisata danau buatan kota pekanbaru. Jurnal Organisasi dan Manajemen Fisip. 5(1):1-11

Aprilia Theresia,Krishna dkk. 2015. Pembangunan Berbasis Masyarakat. Bandung. Alfabeta

Ariyani,M., & Zulkarnaen, D. ( 2018) . Analisis Keputusan Pembelian Mobil Toyota Yaris Di Wijaya Toyota Dogo Bandung.

BPS dan pusdatin kemenparekraf. (2013). Rekapitulasi wisatawan mancanegara.

Buchari Alma, (2011), Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Cetakan Kesembelian, Alfabeth, Bandung.

Data kunjungan wisatawan nusantara dan mancanegara kota palembang tahun 2014-2018. www.palembang-tourism.com. Diakses pada tanggal 6 april 2019.

E, Maryani, 2017 Pengantar Geografi Pariwisata, Bandung: Jurusan PendidikanGeografiFPIPSIKIP

Handayani, Murti. 2013. Analisis Pengaruh Jumlah Obyek Wisata, Jumlah Wisatawan, tingkat Hunian Hotel, dan Pendapatan Perkapita Terhadap Retribusi Obyek Pariwisata di Jawa Tengah. Skripsi Tidak Dipublikasikan, Universitas Dian Nuswantoro.

Henry Simamora. 2014. Manajemen Sumber Sumber Daya Manusia. Jakarta : Bina Aksara

Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2016. Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid 1. Edisi Ke 9. Jakarta: Erlangga.

Mardalis. 2011. Metodologi Peneitian: Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Bumi Aksara.

Pitana, Gayatri. 2017. Sosiologi Pariwisata. Yogyakarta: AndiPitana,IGedeDan Diarta,KetutSurya.2009.PengantarIlmuPariwisata.

Republik Indonesia. 2009. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2009 Tentang Kepariwisataan. Sekretariat Negara. Jakarta.

Ridwan,Mohamad. (2012), Perencanaan dan Pengembangan Pariwisata. PT SOFMEDIA: Medan.

Rambulangi, A. C., Payangan, O. R., & ... (2023). Strategi Pemasaran Obyek Wisata Lemo Kabupaten Tana Toraja. JEMSI (Jurnal …, 9(3), 949–957. http://www.journal.lembagakita.org/index.php/jemsi/article/view/1204

Siregar, M. (2017). Respon Pemberian Nutrisi AbMix Pada Sistem Tanamana Hidroponik Terhadap Pertumbuhan Dan Produksi Tanaman Sawi. Journal Of Animal Science And Agronomy Panca Budi Vol.

Soekadijo, R.G. (2013). Anatomi Pariwisata. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Spilane, J.J. 2013. Pariwisata Indonesia. Yogyakarta : Kanisius.

Sugiama, A. G. (2011). Ecotourism : Pengembangan Pariwisata berbasis konservasi alam. Bandung: Guardaya Intimarta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D) (Cetakan Ke). Alfabeta, Bandung. Www.Cvalfabetabdg.Com

Sunaryo, Bambang. 2013. Kebijakan Pembangunan Destinasi Pariwisata. Yogyakarta: Gava Media.

Suwantoro, Gamal. (2015). Dasar-Dasar Pariwisata. Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, Fandy, 2017. Strategi Pemasaran, Edisi 3, ANDI, Yogyakarta. Alma

Utama, I Gusti Bagus Rai. (2017). Pemasaran Pariwisata. Yogyakarta: Andi.

Wahid. 2015. Persepsi Masyarakat Terhadap Pengembangan Kawasan Wisata.

Warpani P Suwardjoko, Warpani P Indira, Pariwisata Dalam Tata Ruang Wilayah, ITB, Bandung, 2017.

Yoeti, O. A. (2013). Pemasaran Pariwisata Terpadu. Bandung: Penerbit Angkasa.

Yoeti, Oka A. 2016. Daya Tarik Wisata. Bandung : Angkasa.Yogyakarta:Andi

Zhuhaeny , Adriana Madya Marampa, S. M. P. (2023). Analisis Pengelolaan Keuangan Objek Wisata Hutan Pinus Buntudatu. 2(1).

Downloads

Published

2023-09-26

How to Cite

Arah Pratiwi Topang, Isak Pasulu, & Abedneigo. C. Rambulangi. (2023). Analisis Keputusan Wisatawan Berkunjung Ke Objek Wisata Tilanga. Prosiding Seminar Nasional Manajemen Dan Ekonomi, 2(2), 01–13. https://doi.org/10.59024/semnas.v2i2.229