Pengaruh Penggunaan Media Sosial Instagram, Word Of Mouth dan Daya Tarik Wisata Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Pada Objek Wisata Sawah KalimbuangKabupaten Toraja Utara

Authors

  • Esmeralda Esmeralda Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Althon K. Pongtuluran Universitas Kriten Indonesia Toraja
  • Chrismesi Pagiu Universitas Kristen Indonesia Toraja

DOI:

https://doi.org/10.59024/semnas.v2i2.244

Keywords:

Social Media Instagram, Word Of Mouth, Tourist Attraction, Visit Decision

Abstract

The purpose of this study was to find out whether social media Instagram, word of mouth, tourist attractions influence the decision to visit the Kalimburan Rice Fields Tourism Object. Data collection process techniques from this study are: Observation and Questionnaire. The analysis technique uses multiple linear regression tests. The results of the partial test (t test) show that the social media variables Instagram, word of mouth, tourist attraction influence the decision to visit the Kalimburan Rice Field Tourism Object. Meanwhile, the results of the simultaneous test (F test) showed that the social media variable Instagram, word of mouth, tourist attraction had an effect on the decision to visit the Kalimburan Rice Fields Tourism Object.

References

Anis Setiyorini, Umi Farida, Naning Kristiyana. (2018). Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial , Word Of Mouth, dan Daya Tarik Wisata Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Obyek Wisata Gunung Beruk Karangpatihan Balong. Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi.

Arifianti, I. L., Manajemen, J., Ekonomi, F., Bisnis, D., & Jember, U. (n.d.) (2020). Pengaruh Media Sosial Instagram Dan Word Of Mouth Serta Daya Tarik Wisata Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Domestik Pada Taman Nasional Baluran.

Aprilia, F. (2015). Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Minat Berkunjung Serta Dampaknya Pada Keputusan Berkunjung (Survei Pada Pengunjung Tempat Wisata Jawa Park Kota Batu). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Bramijaya, 24(1).

Ananto, O. (2018) Persepsi Pengunjung Objek Wisata Danau Buatan Kota Pekanbaru

Dwiyono, P. (2018). Representasi Maskulinitas Dalam Media Sosial (Analisis Semiotika Pada Akun Instagram @Dailymanly). Universitas Muhammadiyah Malang, 51(1), 51.

Faikar Adam & Erlangga Brahmanto. (2016). Analisis Persepsi wisatawan Mengenai Penurunan Kualitas Daya Tarik Wisata Terhadap Minat Berkunjung,Vol.3 No.2. Jurnal Pariwisata Universitas Bima Sarana Informatika.

Fakur Rodhi. (2020). “Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Keputusan Berkunjung Ke Objek Wisata Asia Farm Pekanbaru”. Jurnal Ilmiah.

Febrina,Nini. (2015). “Persepsi Wisatawan Tentang Daya Tarik Wisata Permandian Tirta Alami Kabupaten Padang Pariaman”. Skripsi pada Program Studi D4 Manajemen Perhotelan Jurusan Kesejahteraan Keluarga Fakultas teknik, Universitas Negri Padang

Ghorban, G. (2018). Pengaruh Sosial Media dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Berkunjung Melalui Citra Destinasi Pada Pengunjung Objek Wisata Dieng Kabupaten Wonosobo. Skripsi

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 Edisi 9 (IX). Badan Penerbit-Undip.

Ika Lastri Arifianti. (2020). “Pengaruh Media Sosial Instagram, Word Of Mouth dan Daya Tarik Wisata Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Domestik Pada Taman Nasional Baluran”. Skripsi. Jember: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember,

Intan Juwita. (2016). “Pengaruh Daya Tarik Wisata Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan nusantara Di Museum perundingan Linggar Jati”. Skripsi. Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia.

Janatin Naimah. (2017). “Pengaruh Digital Marketing, Produk Wisata dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan (Studi pada Pengunjung Wisata Pantai Klayar di Kabupaten Pacitan)”. Tidak Dipublikasikan. Skripsi. Malang: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya.

Joesyiana, K. (2018). Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Media Sosial Facebook Terhadap Keputusan Berkunjung ke Desa Wisata Nglanggeran Gunungkidul. Pariwisata AMPTA Yogyakarta.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2015). Manajemen Pemasaran. (A. Maulana & W. Hardani, Eds.) (Ketiga Bel). jakarta: Erlangga.

Larasati, N., Situmorang, J., & Tambunan, H. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Cooperative Learning Untuk Mata Pelajaran u Pengetahuan Alam (Ipa). Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 6(1), 103-116 .

MaharaIlmni Amalia Rizki dan Edriana Pangestuti. (2017). Pengaruh Terpaan Media Sosial Instagram Terhadap Citra Destinasi dan Dampaknya Pada 7Keputusan Berkunjung (Survei pada Pengunjung Kampung Warna Warni Jodipan, Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis. Vol. 49 No.2 pp 157- 164.

Murti. (2013). Motivasi dan Persepsi Pengunjung Terhadap Objek Wisata Palembang Bird Park Kota Palembang Sumatra Selatan. Jurnal Ilmiah.

Muhammad Rizky. (2021). “Pengaruh Penggunaan Media sosial Instagram @explorebali Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan”. Jurnal Ilmiah.

Mustikasari Ati & Widangningsi Sri. (2016). “Pengaruh E-WOM Terhadap Keputusan Berkunjung Ke Tempat Wisata di Kota Bandung”. Jurnal Ilmiah.

Niko Saputra. (2017). Pengaruh Daya Tarik Wisata Terhadap Keputusan Berkunjung Di Objek Wisata Pantai Air Manis Padang. Jurnal Ilmiah.

Pamungkas B, A & Suhro, S. (2016). Pengaruh Promosi Di Media Sosial Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmiah.

Paulus, J.I., Juita Bessie, dan Abas Kasim. (2015). Pengaruh Word of Mouth (WOM) Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Di Kampung Adat Boti Kabupaten TTS. Journal Of Management (SME‟s), 1 (1): 37-61.

Priyadi, Unggul. (2016). Pariwisata Syariah: Prospek & Perkembangan. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Puspitarini, D. S,. & Nuraeni, R. (2019) Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi (Studi Deskriptif Pada Happy Go Lucky House). 3.

Rodhi, F. (2020) Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Minat Berkunjung Ke Objek Wisata Asia Farm. Pekanbaru. Universitas Pekan Riau.

Setiawan Priatmoko. (2014). Pengaruh Atraksi, Media sosial, Dan Infrastruktur Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Ke Desa Wisata Pentingsari Yogyakarta. Jurnal Khasanah Ilmu, 8 (1) : 72-82.

Setiadi, A. (2014). Pemanfaatan Media Sosial Untuk Efektifitas Komunikasi. Jurnal Ilmiah Matrik, 16(1).

Siregar, S. (2017). Objek Daya Tarik Wisata. Jurnal Ilmiah.

Sugiono, 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung. Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). 27th edn. Bandung: ALFABETA.

Suwantoro, G. (2014). Dasar- Dasar Pariwisata. Yogyakarta: ANDI.

Kendek, I., Kristen, U., Toraja, I., Pasulu, I., Kristen, U., & Toraja, I. (2023). Analisis Promosi Pariwisata Pada Dinas Pariwisata Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Ke Toraja Utara. 2(2).

Rambulangi, A. C., Pasoloran, O., Pongtuluran, A. K., & Ramba, D. (2023). Community Response to Buntu Burake Religious Tourism Management in Tana Toraja District. Interdisciplinary Social Studies, 2(11), 2537–2546. https://doi.org/10.55324/iss.v2i11.518

Tapparan, S. R., Rambulangi, A. C., Mantong, A., & K. Pongtuluran, A. (2022). Strategi pengembangan obyek wisata Hutan Pinus To’Nakka Ulusalu Kecamatan Saluputti Kabupaten Tana Toraja. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 5(4), 1909–1915. https://doi.org/10.32670/fairvalue.v5i4.2621

Utama, I. G. B. R. (2017). Pemasaran Pariwisata. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Wahab , W. (2020). Pengaruh Citra Koperasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Anggota Pada Koperasi Pegawai Republik Indonesia (KPRI) Kantor Kementerian Agama Kota Pekanbaru. Eko dan Bisnis (Riau Economic and Business Reviewe) Volume 11, Nomor 4.

Downloads

Published

2023-10-02

How to Cite

Esmeralda Esmeralda, Althon K. Pongtuluran, & Chrismesi Pagiu. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Instagram, Word Of Mouth dan Daya Tarik Wisata Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Pada Objek Wisata Sawah KalimbuangKabupaten Toraja Utara. Prosiding Seminar Nasional Manajemen Dan Ekonomi, 2(2), 101–117. https://doi.org/10.59024/semnas.v2i2.244

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.