IMPLIKASI DIGITAL MARKETING TERHADAP PENJUALAN PRODUK KUE BAWANG JADUL

Authors

  • Satriadi Satriadi STIE Pembangunan Tanjungpinang
  • Lukman Hidayat Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pembangunan Tanjungpinang
  • Fhira Desvika Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pembangunan Tanjungpinang
  • Mayang Sari Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pembangunan Tanjungpinang
  • Sandri Zuntika Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pembangunan Tanjungpinang

DOI:

https://doi.org/10.59024/semnas.v1i2.61

Keywords:

Digital Marketing, Produk, UMKM.

Abstract

Media promosi memiliki dampak yang besar terhadap Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). UMKM harus mampu beradaptasi dengan kondisi tersebut. UMKM Kue Bawang Jadul merupakan UMKM yang ada di Kota Tanjungpinang. Untuk menghadapi kondisi ini, UMKM Kue Bawang jadul memiliki beberapa permasalahan. Permasalahannya adalah media pemasaran yang digunakan hanya sebatas whatsapp dan hanya menggunakan teknis word of mouth sehingga UMKM kurang berkembang. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh media promosi terhadap peningkatan penjualan yang dilakukan oleh UMKM Kue Bawang Jadul. Metode yang digunakan kualitatif untuk memberikan informasi yang komprehensif  kepada peneliti, teknik analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan metode pengumpulan data menggunakan Interview. Lalu menggunakan uji triangulasi untuk mengetahui data valid atau tidak. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa pemasaran yang dilakukan pada UMKM Kue Bawang Jadul tidak ada peningkatan yang signifikan. Kemudian perbaikan media pemasaran yang harus dilakukan oleh UMKM Kue Bawang Jadul ialah memperluas pemasaran melalui media digital lainnya seperti Instagram, Facebook, dan beberapa marketplace yang tersedia dalam upaya peningkatan penjualan.

 

References

Arsyanti, I. S. B. dan L. D. (2016). BAB II KAJIAN PUSTAKA A. UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah). 12, 18–48.

Astuti, S. I., Arso, S. P., & Wigati, P. A. (2015). Brand Equtity. Analisis Standar Pelayanan Minimal Pada Instalasi Rawat Jalan Di RSUD Kota Semarang, 3, 103–111.

Dedi Purwana. (2017). Tinjauan Pustaka Digital Marketing. 2.

Halim, A. (2020). Pengaruh Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Mamuju. Jurnal Ilmiah Ekonomi Pembangunan, 1(2), 157–172. https://stiemmamuju.e-journal.id/GJIEP/article/view/39

Jaya, I. M. L. M. (2021). METODE PENELITIAN KUANTITATIF DAN KUALITATIF Teori, Penerapan, dan Riset Nyata. QUADRANT.

Moleong, L. J. (2017). METODE PENELITIAN KUALITATIF. PT REMAJA ROSDAKARYA.

Narbuko Cholid, A. A. (2016). Metodologi Penelitian. PT Bumi Aksara.

Oktavia, E. (2020). Pengaruh Digital Marketing, Brand Image dan Influencer Marketing pada Keputusan Pembelian Online (Studi pada Mahasiswa STIE Malangkucecwara). Manajemen Pemasaran. https://repository.stie-mce.ac.id

Satori Djam’an, A. K. (2020). METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF. Alfabeta.

Setyani, T. P. H., & Gunadi, W. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Mobil All New Rio Kia Motors Indonesia (Pada PT. Radita Autoprima). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen Unsurya, 1(1), 92–102.

Situmeang, P. A., Nainggolan, B. M. ., & Kristiadi, A. A. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pelanggan di Restoran Sushimas. Jurnal EDUTURISMA, 5(1), 32–55.

Sugiyono. (2017). METODE PENELITIAN Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2021). METOE PENELITIAN KUALITATIF Untuk penelitian yang bersifat: eksploratif, enterpretif, interaktif dan konstruktif. Alfabeta.

LANDASAN TEORI 2.1. Tinjauan Pustaka 2.1.1. Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) 2.1.1.1. Pengertian UMKM. (n.d.). www.depkop.go.ic

Yulistyawati Evelina, T., Maharani Trievena, S., Fauzi, A., Administrasi Niaga, J., & Negeri Malang, P. (n.d.). PELATIHAN MANAJEMEN PEMASARAN INDUSTRI RUMAH TANGGA RAKET TENIS MEJA. https://economy.okezone.com,

Eri Werdani, R., Imani Kurniawati, N., Bhimo Sukoco, J., Windriya, A., Iskandar, D., Pemasaran, M., Perkantoran, A., Perusahaan, A., Publik, K., & Universitas Diponegoro Jl ProfSoedharto, S. (2020). PELATIHAN PEMASARAN PRODUK HOMEMADE MELALUI SOSIAL MEDIA TRAINING OF MARKETING HOMEMADE PRODUCT THROUGH SOCIAL MEDIA 1). 4(1).

Gede Sudika Mangku, D., & Putu Rai Yuliartini, N. (2022). PENGEMBANGAN USAHA UMKM DI MASA PANDEMI MELALUI OPTIMALISASI DIGITAL MARKETING DI KABUPATEN BULELENG. In Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha (Vol. 10, Issue 3). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPP

Nugraha, A. A. (2022). Penerapan Manajemen Mutu Terpadu Untuk Meningkatkan Kinerja UMKM Sektor Kuliner Di Kecamatan Antapani Bandung. Jurnal Pendidikan Akuntansi & Keuangan, 10(1), 111–120. https://doi.org/10.17509/jpak.v10i1.38398

Downloads

Published

2023-01-16

How to Cite

Satriadi Satriadi, Lukman Hidayat, Fhira Desvika, Mayang Sari, & Sandri Zuntika. (2023). IMPLIKASI DIGITAL MARKETING TERHADAP PENJUALAN PRODUK KUE BAWANG JADUL. Prosiding Seminar Nasional Manajemen Dan Ekonomi, 1(2), 168–180. https://doi.org/10.59024/semnas.v1i2.61

Most read articles by the same author(s)

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.