Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Pada Kantor Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Tana Toraja

Authors

  • Deddy Cathur Putra Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Isak Pasulu Universitas Kristen Indonesia Toraja
  • Dwibin Kannapadang Universitas Kristen Indonesia Toraja

DOI:

https://doi.org/10.59024/jumek.v2i2.335

Keywords:

Service Quality, Community Satisfaction

Abstract

The main problem in this study is whether service quality affects people's satisfaction at the Tana Toraja BPN Office. The data collection method used in this research is library research and field research. The population in this study were all of the people served at the Tana Toraja BPN Office as many as 38,761 people while the sample in this study was 100 people. The analytical method used is simple linear regression, the results of the study state that service quality has a positive and significant effect on community satisfaction at the Tana Toraja BPN Office.

References

Algifari. 2017. Mengukur Kualitas Layanan Dengan indeks Kepuasan, Metode Importance Analysis (IPA), dan Model Kano. BPFE : Jakarta

Batinggi, Ahmad, 2011. Manajemen Pelayanan Umum.Universitas Terbuka. Jakarta.

Haryanto.E, 2013, Jurnal EMBA, Kualitas Layanan,Fasilitas dan Harga Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Pengguna Jasa Layanan Pada Kantor Samsat Manado (online), Vol.1, No.3, (http://scholer,google.co.id/ejournal.unsrat.ac.id, diakses 14 april 2018).

Kotler.P. 2013.Manajemen Pemasaran. Edisi Milenium. PT. Prehallindo. Jakarta Kotler, Philip. Keller, K.L. 2018. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi 12. Cetakan ketiga. PT Indeks : Jakarta

Khasanah.I, dan Pertiwi.O.D, 2012, Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen RS St.Elisabeth Semarang (online), Vol.12, No.2, (http://scholer,google.co.id/eprints.undip.ac.id, diakses 14 april 2018).

Lupiyoadi, R. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Pertama Penerbit Salemba Empat. Jakarta

Nasution.2011. Manajemen Mutu Tepadu (Total Quality Management), Penerbit Ghalia Indonesia. Jakarta.

Prasetio. A, 2012, Management Analisis Journal, Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan (online Vol.1,No.4, (http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/maj, diakses 14 april 2018).

Rusydi, Mhd. 2017. Costumer Excellence. Gosyen Publishing: Yogyakarta

Sumarwan, U. 2011. Perilaku Konsumen : Teori dan Penerapannya Dalam Pemasaran. PT. Ghalia Indonesia. Bogor.

Sugiyono, 2011, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, Alfabet, Bandung

Surat Keputusan Mentri Pemberdayagunaan Aparatur Negara Nomor 16 Tahun 2014 tentang Pedoman Survei Kepuasan Masyarakat

Sarwono dan Z Rohmad.2013. Pengaruh Kinerja Pegawai dan Mutu Pelayanan Pegawai Terhadap Kepuasan Masyarakat Dalam Memperoleh Kartu Tanda Penduduk dan Kartu Keluarga di Kantor Kecamatan Baki.Jurnal Manajemen Bisnis Syariah, No: 02/Th. Vi/Agustus 2012-Januari 2013

Sinambela. 2014. Reformasi Pelayanan Publik, Cetakan ke tujuh, Bumi Askara.Jakarta.

Tjiptono, Fandy. 2011.Strategi Pemasaran, Edisi kedua. Cetakan ketujuh, Andi.Yogyakarta

Untung.S, Maria.M.M, dan Heru.S.W, 2016, Journal Of Management, Faktor- faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Masyarakat Dalam Pengurusan Kartu Identitas Penduduk (KTP-EL) Dan Dokumen Kependudukan Di Kantor Kependudukan Dan Pencatatan Sipil KotaSemarang (online), Vol.2, No.2 (http://www.google.co.id/search?client, diakses 14 April 2018

Downloads

Published

2024-03-13

How to Cite

Deddy Cathur Putra, Isak Pasulu, & Dwibin Kannapadang. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Pada Kantor Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Tana Toraja. Jurnal Manajemen Dan Ekonomi Kreatif, 2(2), 11–25. https://doi.org/10.59024/jumek.v2i2.335

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.