PENGARUH PEMASARAN DIGITAL DAN BRAND AWARENESS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA START-UP JEGGBOY SALATIGA

Authors

  • Teguh Harso Widagdo Universitas.Ngudi.Waluyo
  • Sudiyono Sudiyono Universitas.Ngudi.Waluyo

DOI:

https://doi.org/10.59024/jumek.v1i3.123

Keywords:

Pemasaran Digital, Brand Awareness, Keputusan Pembelian, Start-Up Jeggboy

Abstract

Peningkatan kebutuhan mobilisasi masyarakat di Jawa Tengah, terutama Kota Salatiga, dipandang sebagai suatu peluang dan dapat dimanfaatkan oleh para pengusaha transportasi dalam membantu pemerintah untuk meningkatkan pendapatan daerah dan nasional. Mobilitas sangat berkaitan erat dengan kebutuhan transportasi. Kebutuhan akan transportasi untuk kegiatan wisata dan mobilisasi masyarakat dalam memenuhi kebutuhan atau kepentingan masyarakat memberikan peluang bagi Jeggboy Salatiga untuk merilis aplikasi rental kendaraan pertama di Salatiga. Karena berbasis start-up, Jeggboy Salatiga menerapkan pemasaran digital dan juga dibantu dengan pelaksanaan kegiatan brand awareness. Dalam penelitian ini menggunakan 75 responden dengan kriteria berusia 16 tahun ke atas dan pernah memanfaatkan Jeggboy Salatiga. Kuesioner digunakan dalam pengumpulan data untuk kemudian diolah dengan menggunakan teknik analisis data Partial Least Square SEM. Hasil dari penelitian yang didapat menunjukkan: 1) Variabel pemasaran digital berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand awareness. 2) Variabel pemasaran digital memiliki berpengaruh sangat kecil dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian. 3) Brand awareness berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian

References

Aaker, D. (2012). Manajemen Ekuitas Merek: Memanfaatkan Nilai Dari Suatu Merek. Mitra Utama.

Chin, W. W. (1998). The Partial Least Squares Approach to Structural Equation Modeling. In Modern Methods for Business Research (George A. Marcoulides (ed.)). Lawrence Erlbaum Associates.

Ghozali, I. (2014). Structural Equation Modeling, Metode Alternatif dengan Partial Least Square (PLS) (4th ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kim, E. Y., & Kim, Y. K. (2004). Predicting online purchases intentions for clothing products. European Journal of Marketing, 38, 883–897.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2007). Manajemen Pemasaran, Edisi Bahasa Indonesia (12 jilid 2). PT. Indeks.

Krisyantono, R. (2006). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Kencana Prenada Media Group.

Sallam, M. A. (2014). The Effects of Brand Image and Brand Identification on Brand Love and Purchase Decision Making: The Role of WOM. International Business Research, 7(10), 187–194. https://doi.org/10.5539/ibr.v7n10p187

Sanjaya, R., & Tarigan, J. (2012). Creative Digital Marketing. PT Elex Media Komputindo.

Spillane James J. (1987). Pariwisata Indonesia, Sejarah, dan Prospeknya. Kanisius.

Widagdo, T. H., & Ali, A. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Inti dan Kualitas Pelayanan Peripheal Terhadap Kepercayaan Pelanggan dan Brand Image Seta Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Empirik Pada Sanggar Rias Widya Budaya Semarang). Jurnal Ilmiah Bisnis, Manajemen Dan Akuntansi, 2(2), 31–44.

Yevgeniy Brikman. (2015). Hello, Start-up (1st ed.). O’Reilly Media.

Downloads

Published

2023-06-07

How to Cite

Teguh Harso Widagdo, & Sudiyono Sudiyono. (2023). PENGARUH PEMASARAN DIGITAL DAN BRAND AWARENESS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA START-UP JEGGBOY SALATIGA. Jurnal Manajemen Dan Ekonomi Kreatif, 1(3), 153–160. https://doi.org/10.59024/jumek.v1i3.123

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.