Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Melalui Celebrity Endorse Sebagai Variabel Intervening

Authors

  • Alfin Damayanti Universitas PGRI Semarang
  • Bayu Kurniawan Universitas PGRI Semarang
  • Ika Indisari Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.59024/jumek.v1i2.82

Keywords:

Harga, kualitas konten, celebrity endorse, keputusan pembelian

Abstract

Tujuan penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh harga dan kualitas konten terhadap keputusan pembelian dan dimediasi oleh Celebrity endorse. Metode penelitian ini yaitu kuantitatif menggunakan teknik simple random sampling digunakan untuk mendapatkan 299 sampel mahasiswa FEB UPGRIS. Data dianalisis menggunakan metode SEM-PLS. Hasil penelitian ini menemukan bahwa harga tidak mempengaruhi Celebrity endorse. Kualitas konten mempengaruhi Celebrity endorse. Harga mempengaruhi keputusan pembelian. Kualitas konten mempengaruhi keputusan pembelian. Celebrity endorse mempengaruhi keputusan pembelian. Celebrity endorse tidak memediasi harga terhadap keputusan pembelian. Celebrity endorse mampu memediasi kualitas konten terhadap keputusan pembelian. Kerangka penelitian ini menggunakan empat jenis model bisnis dan menerapkan konsep mediations. Dalam penelitian ini dianalisis mengguanakan SEM-PLS 3.0 Implikasi bagi pada mahasiswa Universitas PGRI Semarang dalam mengambil keputusan pembelian sangat penting untuk menyesuaiakan harga dengan kualitas produk yang akan dibeli dengan melihat celebrity endors yang memberikan informasi untuk menarik pembeli dari pengenalan produk, fungsi dan kelebihan

References

Abdu’a, A. R., & Wasiyanti, S. (2019). Pengukuran Kualitas E-Commerce Shopee Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode Webqual 4.0. Paradigma - Jurnal Komputer Dan Informatika, 21(2), 143–148. https://doi.org/10.31294/p.v21i2.6357

Anas, A. A., & Sudarwanto, T. (2020). Pengaruh Celebrity endorser terhadap Keputusan Pembelian di Eiger Store Royal Plaza Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 8(3), 953–958.

Authors, & Gunawan, F. S. A. C. (2017). Pengaruh Bauran Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Maybelline Di Kota Padang. https://osf.io/preprints/inarxiv/npjqh/

Destarini, F., & Prambudi, B. (2020). Pengaruh Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen 212 Mart Condet Batu Ampar. Jurnal Ekobis : Ekonomi Bisnis & Manajemen, 10(1), 58–66. https://doi.org/10.37932/j.e.v10i1.27

Devi, L. K. I. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Market Place (Studi Kasus pada Mahasiswa di Surabaya). Manajemen, 1–114.

FARADELLA, R. (2022). Pengaruh kualitas konten pemasaran pada instagram mutiara cosmetics terhadap keputusan pembelian konsumen.

Febriani, R., & Khairusy, M. A. (2020). Analisis Pengaruh Celebrity endorser/Brand Ambasador, Harga Dan Desain Produk Yang Dimediasi Oleh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Di Online Shop Shopee. Progress: Jurnal Pendidikan, Akuntansi Dan Keuangan, 3(1), 91–109. https://doi.org/10.47080/progress.v3i1.782

Ghozali, I. (2021). Partial Least Square Konsep, Teknik Dan Aplikasi Menggunakan Program Smartpls 3.29.

Ghozali, I. (2021). Partial Least Square Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.29.

Gunarsih, C. M., Kalangi, J. A. F., & Tamengkel, L. F. (2021). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Toko Pelita Jaya Buyungon Amurang. Productivity, 2(1), 69–72.

https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/productivity/article/view/32911/31075

Kalangi, N. J., Tamengkel, L. F., & Walangitan, O. F. C. (2019). Pengaruh Celebrity endorser Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Shampoo Clear. Jurnal Administrasi Bisnis, 8(1), 44. https://doi.org/10.35797/jab.8.1.2019.23499.44-54

Manurung, R. S. M., Dharta, F. Y., & Lubis, F. M. (2022). Pengaruh Tayangan Konten Racun Tiktok terhadap Keputusan Pembelian di Komunitas Prefix. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 16(10), 7639–7646.

Nanda, R., Dewi, T., Ekonomi, F., & Ponorogo, M. . (2019). Pengaruh Kualitas Produk , Citra Merek Dan Celebrity endorser Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Melalui Minat Beli. Ejournal Administrasi Bisnis, 7, 409–423.

Nanda, R., Dewi, T., Ekonomi, F., & Ponorogo, U. M. (2019). Pengaruh Kualitas Produk , Citra Merek Dan Celebrity endorser Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Melalui Minat Beli. EJournal Administrasi Bisnis, 7, 409–423.

Pratiwi, R., & Setyaky, R. R. (2021). Pengaruh Celebrity endorse Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Dengan Persepsi Nilai Sebagai Moderasi. CAPITAL: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 5(1), 58. https://doi.org/10.25273/capital.v5i1.10307

Shadrina, R. N., & Sulistyanto, Y. (2022). Analisis Pengaruh Content Marketing , Influencer , Dan Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen ( Studi pada Pengguna Instagram dan Tiktok di Kota Magelang ). Diponegoro Journal of Management, 11, 1–11.

Solihin, S., & Zuhdi, S. (2021). Pengaruh Kualitas Website dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Keputusan Pembelian Online. Jurnal Informatika Kesatuan, 1(1), 13–22. https://doi.org/10.37641/jikes.v1i1.403

Wikipedia. (2021). Zhang Yiming. weibo.com/zhangyiming (https://weibo.com/z hangyiming)

Downloads

Published

2023-04-01

How to Cite

Alfin Damayanti, Bayu Kurniawan, & Ika Indisari. (2023). Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Melalui Celebrity Endorse Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Manajemen Dan Ekonomi Kreatif, 1(2), 166–181. https://doi.org/10.59024/jumek.v1i2.82

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.