PENGARUH KINERJA PEGAWAI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN DI CV MITRA CELULAR PALEMBANG
DOI:
https://doi.org/10.59024/jumek.v1i1.39Keywords:
Kinerja Pegawai, Kualitas Pelayanan, Pengaruh.Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh Kinerja Pegawai terhadap Kualitas Pelayanan di CV Mitra Celuluar Palembang. Tipe penelitian yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode kuantitatif, yaitu suatu penelitian yang menjelaskan atau menggambarkan sesuatu, yang bertujuan menguji hipotesis yang berkenaan dengan hubungan sebab akibat diantara variable yang diteliti. Sedangkan pengumpulan data dalam metode kuantitatif. dilakukan dengan pendekatan survey. Dari hasil analisis dan pembahasan dapat diperoleh hasil sebagai berikut: Melalui uji regresi Y = a + bX; Y =8.939 + 0.737 (Kinerja Pegawai). Ini berarti bila Kinerja Pegawai (X) ditingkatkan sebesar 1 point, maka akan memberikan pengaruh terhadap Kualitas Pelayanan sebesar 0.737. Uji korelasi Kinerja Pegawai (X) sebesar 0,821, artinya bila Kinerja Pegawai ditingkatkan maka akan menghasilkan Kualitas Pelayanan meningkat. Sedangkan melalui koefisien penentu didapat Kinerja Pegawai (X) sebesar 0.588, sehingga variasi peningkatan dan penurunan Kualitas Pelayanan dapat dijelaskan oleh variabel Kinerja Pegawai (X) sebesar 58,8%, dan terlihat faktor-faktor di luar variabel Kinerja Pegawai (X) dan variabel Kualitas Pelayanan (Y) sebesar 41,2%. Berdasarkan uji hipotesis (uji t) didapat nilai t hitung variabel Kinerja Pegawai sebesar 7.694 dan t tabel 1.694, dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga ada pengaruh antara Kinerja Pegawai dan peningkatan Kualitas Pelayanan.
References
Agus, A., & Fadli, Y. (2022). Disclosure : Journal of Accounting and Finance Pengaruh Profitabilitas ( ROA ) dan Leverage ( DER ) Terhadap Nilai Perusahaan ( Tobin ’ s Q ) dengan Corporate Social Responsibility ( CSR ) Sebagai Variabel Intervening. Journal Of Accounting and Finance, 2(1), 17–38. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29240/disclosure.v2i1.4531
Antonius Djula, W. (2021). Pengaruh the Big Five Model Personality Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Mappi. Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 2(6), 785–794. https://doi.org/10.31933/jemsi.v2i6.642
Ayuningtyas, O. P., Edy, I. C., & Marsono, S. (2021). The Effect of System Service Quality on Individual Taxpayer Satisfaction ( Study on Solo Destination Tax Online Payments ) Pengaruh Kualitas Pelayanan Sistem Terhadap Kepuasan Wajib Pajak Perorangan ( Studi Pada Pembayaran Online Pajak Solo Destination ). 8(2), 168–176. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.36587/exc.v8i2.1095
Eliyanti. (2020). Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Wajo. In Universitas Muhammadiyah Makassar (Vol. 1, Issue 1, pp. 1–171). http://etd.eprints.ums.ac.id/14871/%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.cell.2017.12.025%0Ahttp://www.depkes.go.id/resources/download/info-terkini/hasil-riskesdas-2018.pdf%0Ahttp://www.who.int/about/licensing/%0Ahttp://jukeunila.com/wp-content/uploads/2016/12/Dea
Hanadya, D., Auliana, N. U., & Purwanto, M. B. (2022). Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Sarana Dan Prasarana Perpustakaan Di Politeknik Darussalam Palembang. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Perbankan Syariah (JIMPA), 2(1), 171–182. https://doi.org/https://doi.org/10.36908/jimpa.v2i1.61
Haris, H. (2017). Pengaruh Kepuasan Kerja dan Komitmen Organisasi Terhadap Kualitas Layanan di PT. Asuransi Jasindo (Persero) Kantor Cabang Korporasi dan Ritel Bandung. Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya, 19(2), 135–151. https://doi.org/DOI: 10.23917/dayasaing.v19i2.5513
Hryono, K. (2020). Budaya Organisasi, Pemberdayaan Dan Engagement Terhadap Kualitas Pelayanan Pegawai Pada Biro Umum Sekretariat Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia (pp. 255–265). http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/semnas-ps/article/view/16887
Kesumawati, N., Retta, A. M., & Sari, N. (2017). Pengantar Statistika Penelitian. Depok: Rajawali Pers.
Nazili, I., & YUNIAWAN, A. (2012). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Iklim Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan: Motivasi Kerja Sebagai Variabel Intervening (Studi pada karyawan PT Garuda Indonesia Kota Semarang). UNDIP: Fakultas Ekonomika dan Bisnis.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (1st ed.). Alfabeta.
Sutarno, S., Yenny, Y., Supriyanto, S., Anggraini, D., & Umar, Z. (2019). Pengaruh Komunikasi Terhadap Kinerja Karyawan CV. Bintang Jaya Abadi. Jurnal Ilmiah Maksitek, 4(2).
Wahyudi, I. (2021). Pengaruh Penerapan Sistem Penilaian Kinerja Berbasis e-Kinerja Dan Kompetensi Terhadap Prestasi Kerja Pegawai Struktural Melalui Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening (Studi pada Pemerintah Kabupaten Bondowoso). UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH JEMBER.
Yudiarso, A. W., & Yusuf, M. (2021). Pengaruh Kemampuan dan Motivasi Kerja terhadap Kualitas Pelayanan Perawat pada RSM Ahmad Dahlan Kediri. Al-Hikmah: Jurnal Kependidikan Dan Syariah, 27–41. https://doi.org/10.35794/jpekd.12790.18.2.2019