Pendampingan Pemasaran Produk UMKM Memanfaatkan Media Sosial Instagram dan Tiktok
DOI:
https://doi.org/10.59024/jnb.v1i1.64Keywords:
UMKM, Digital Marketing, Instagram, TiktokAbstract
Perkembangan teknologi membawa dampak yang signifikan bagi para pelaku UMKM. Sehingga, mau tidak mau, pelaku UMKM harus menyesuaikan diri dengan pemasaran yang dulunya secara konvensional dan beralih ke online. Secara teknis pendampingan kegiatan pemasaran produk UMKM secara digital berbeda dengan yang sudah dilakukan oleh pelaku UMKM di Desa Kajang sebelumnya. Manfaat kegiatan pengabdian ini selain melakukan pendampingan dan sosialisasi pemasaran produk secara digital sebagai bahan dalam meningkatkan penjualan produk dan memperluas pangsa pasar dengan cara pemanfaatan branding foto produk secara digital marketing. Dari 15 pelaku UMKM yang mengikuti kegiatan ini, memperlihatkan 87% UMKM telah memiliki dan memanfaatkan media sosial untuk kegiatan pemasaran produknya. Adapun yang belum memanfaatkan media social karena hanphone yang dimiliki tidak support.
References
Mudrifah, Mudrifah, and Risky Angga Pramuja. “PENDAMPINGAN DIGITAL MARKETING PADA UMKM PKK KARANGPLOSO VIEW-NGENEP (PROGRAM BEMO ‘Belajar Marketing Online’).” Studi Kasus Inovasi Ekonomi 6, no. 01 (2022): 51–58.
Rahmana, Arief, Muchammad Fauzi, and Annisa Maharani Suyono. “Pendampingan Strategi Pemasaran Digital Produk Makanan Dalam Menjalankan Bisnis Di Era New Normal Di Kota Bandung.” Al-Khidmat 4, no. 1 (2021): 49–57.
Rahmi, Nanda, Nikmal Maula, Nanda Nabila Nasti, Haura Adilla, Muhammad Arief, Fadhillah Fadhillah, Cut Zean Falla, Muhammad Ilhamsyah Siregar, and Nashrillah Nashrillah. “Pendampingan Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Pelaku UMKM.” Jurnal Pengabdian Aceh 1, no. 2 (2021): 64–70.
Riyanto, Slamet, Muh Nur Luthfi Azis, and Andi Rahman Putera. “Pendampingan UMKM Dalam Penggunaan Digital Marketing Pada Komunitas UMKM Di Kabupaten Madiun.” Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 5, no. 1 (2022): 137–142.
Sabella, Valma Putri, Rahmatul Hasanah, Agung Winarno, and Agus Hermawan. “OPTIMALISASI DIGITAL MARKETING DAN LEGALITAS BAWANG DI MASA PANDEMI” 5 (2022): 942–949.
Septiningrum, Liana Dwi, Khotimatus Sadiyah, Julian Muhammad Hasan, Dewi Rani Gustiasari, and Ita Darsita. “PENGENALAN DIGITAL MARKETING DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENGHASILAN IBU RUMAH TANGGA (IRT) MAJLIS TAKLIM Al AULADIYAH.” Dedikasi Pkm 1, no. 3 (2020): 1.
Yuningsih, S, R Sudya, H I Amhal, and ... “Pendampingan Pemasaran Produk Umkm Mie Ayam Melalui Sistem Digitalisasi Pada Masa Pandemi Covid 19 Di Wilayah Cinere, Kota ….” … Masyarakat LPPM UMJ (2021). https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat/article/view/10686%0Ahttps://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat/article/download/10686/6030.