Strategi Pengembangan Usaha Alat Musik Di Toko Nafiri Musik Kecamatan Makale Utara
DOI:
https://doi.org/10.59024/semnas.v1i2.69Keywords:
Strategi Pengembangan, Matriks SWOT, IFAS, dan EFASAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pengembangan usaha alat musik di Toko Nafiri Musik di Kecamatan Makale Utara. Metode penelitian yang digunakan melalui pendekatan deskriptif kualitatif dan analisis SWOT. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder , teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara, dan studi perpustakaan. Data yang di peroleh dari hasil pengumpulan data kemudian di analisis menggunakan analisis SWOT untuk mengetahui apa saja yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman bagi toko Nafiri Musik di Makale Utara. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa matriks IFAS memperoleh total skor untuk kekuatan (strenght) dan kelemahan (weakness) sebesar 2,93, karena total skor diatas 2,93 berarti ini mengindikasikan posisi internal pada perusahaan begitu kuat. Matriks EFAS memperoleh total skor untuk peluang (opportunities) dan ancaman (threats) sebesar 3,03 karena total skor mendekati 4,0 berarti ini mengindikasikan bahwa toko Nafiri Musik merespon peluang yang ada dengan cara yang luar biasa dan menghindari ancaman-ancaman di pasar. Adapun hasil matrik SWOT menunjukkan ada sepuluh strategi pengembangan usaha alat musik yang digunakan adalah dengan mempertahankan kualitas produk, mempertahankan kualitas pelayanan kepada konsumen, menjaga kepercayaan pelanggan, menambah karyawan di toko nafiri musik, memperluas ruangan atau bangunan di toko nafiri musik, memperbanyak stok alat musik, membuat promo harga atau diskon untuk menarik konsumen untuk membeli barang tersebut, meningkatkan strategi pemasaran melalui sosial media dengan mengikuti kemajuan teknologi., meningkatkan sistem pelayanan yang lebih baik, sehingga konsumen merasa nyaman untuk berbelanja, menciptakan peluang kerja bagi masyarakat.
References
Afuah, Allan. (2004). “Business Models : A Strategic Management Approach”. New York: Mc Graw-Hill.
Alfi Amalia, (2012). Analisis Strategi Pengembangan Usaha pada Ukm Batik Semarangab di Kota Semarang
Alim Sumarno. 2012. Penelitian Kausalitas Komparatif. Surabaya: elearningunesa.
Aries Rahmana, (2012). Strategi pengembangan Usaha Kecil Menengah sektor industri pengolahan.
Freddy Rangkuti. 2013. Riset Pemasaran. Gramedia Pustaka Utama: Jakarta
Freddy Rangkuti. (2015) Analisis SWOT. Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.
Johnson, G. and Scholes, K. (2016). Exploring Corporate Strategy-Text and Cases. Hemel Hempstead: Prentice-Hall.
Kotler Philip dan Kevin L. Keller, 2012. Manajemen Pemasaran
Lecup Iya, N. (2006). Kewirausahaan dalam bidang hasil tanaman keras dan
hutan berbasis masyarakat. Jakarta: Regional community forestry training
center for Asia and the pasific indonesia.
Miftakhurrizal Kurniawan, (2017). Analisis Stratgei Pengembangan Usaha Minuman Sari Buah Sirsak
Muhammad Afridhal, (2017). Strategi pengembangan Usaha Roti Tanjong di Kecamatan Samalanga Kabupaten Bireuen.
Nilasari, Senja. 2014. Manajemen Stratgei Itu Gampang. Jakarta. Dunia Cerdas
Pearce dan Robinson. (2008). Manajemen Strategi. Jakarta. Salemba Empat
Sugianto A, 2014. Startegi komunikasi pemasaran terpadu. Komunikator 6(2),-19
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suresti, (2012). Strategi pengembangan Usaha Peternakan Sapi Potong di Kabupaten Pesisir Selatan
Suwandiyanto M, 2010, Manajemen Strategi dan Kebijakan Perusahaan, Yogyakarta: ANDI.
Ratih Anggriani, (2019). Strategi Pengembangan Usaha Jamur Tiram Putih Melalui Analisis SWOT di Tinjau Dari Ekonomi Islam. Bengkulu: Program Studi Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bismis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN)
Risal HS, (2021). Strategi pengembangan UMKM melalui analisis SWOT ditinjau dari ekonomi islam (studi pada pengembangan warung makan mbak daeng pengayoman makassar).