Pengaruh Faktor Pengungkapan Corporate Social Responsibility

Authors

  • Soemaryono Soemaryono Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.59024/jumek.v2i4.454

Keywords:

Business Risk, Financial Risk, Operational Risk, CSR

Abstract

Research objective: To empirically test the influence of business risk, financial risk and operational risk on corporate social responsibility. The research object is gas, oil and coal sub-sector companies listed on the Indonesian stock exchange. The total sample was 17 companies for 5 years. Hypothesis testing uses the F test and t test. The results of the F test show that simultaneously business risk factors, financial risk factors and operational risk factors influence corporate social responsibility. Meanwhile, the results of the hypothesis using tests show that each factor of business risk, financial risk and operational risk has a partial effect on corporate social responsibility.

 

References

Agus, F., Vista, Y., Ani, F., & Tarisya, A. P. (2022). Pengaruh risiko bisnis, pertumbuhan penjualan, dan umur perusahaan terhadap nilai perusahaan. Jurnal Ilmiah Bidang Manajemen dan Bisnis, 5(2), 114–123.

Alamsyah, F. M., & Malanua, W. (2021). Pengaruh investment opportunity set, corporate social responsibility, dan risiko bisnis terhadap nilai perusahaan. Jurnal Fokus Manajemen Bisnis, 11(2).

Andina, A. (2013). Pengaruh risiko sistematis terhadap pengungkapan corporate social responsibility serta dampaknya terhadap pertumbuhan laba dan koefisien respon laba. Jurnal Telaah & Riset Akuntansi, 6(1), 64–92.

Eriandani, R., Andry, I., & Narsab, I. M. (2019). Pengaruh pengungkapan risiko lingkungan terhadap likuiditas dan biaya modal saham. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 22(2).

Firmansyah, D. (2020). Pengaruh CSR terhadap nilai perusahaan dengan good corporate governance dan ukuran perusahaan sebagai variabel pemoderasi. Indonesia e-Jurnal Akuntansi, 30(1). https://doi.org/10.24912/je.v30i1.12345

Maulita, D., & Syamsudin. (2020). Pengaruh profitabilitas dan risiko keuangan terhadap harga saham (studi kausal pada PT XL Axiata Tbk). Jurnal Manajemen, 2(1).

Natalia, T. D. (2021). Pengaruh likuiditas, profitabilitas, dan leverage terhadap nilai perusahaan: CSR sebagai pemoderasi. Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, 14(1), 123–136.

Octarina, N. (2018). Pengungkapan corporate social responsibility: Ukuran dan pertumbuhan perusahaan, serta risiko keuangan. Jurnal Riset Akuntansi Kontemporer, 10(1), 34–41. https://doi.org/10.24912/jrak.v10i1.12345

Pratama, A. A. (2022). Analisis manajemen risiko keuangan industri dengan tinjauan evaluasi total productive maintenance: Studi kasus di PT ABC. SAINTEK, 6(1).

Pravasanti, Y. A. (2017). Risiko keuangan dan tingkat kesehatan keuangan bank dengan size, inflasi, dan GDP sebagai variabel kontrol. Jurnal Ekonomi Islam, 3(1).

Rahmawati, A. A. (2021). Pengaruh leverage, likuiditas, dan risk minimization terhadap pengungkapan corporate social responsibility.

Rat, D., & Natalia, T. (2021). Pengaruh likuiditas, profitabilitas, dan leverage terhadap nilai perusahaan: CSR sebagai pemoderasi. Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, 14(1), 123–136.

Sari, S. N., & Budyastuti, T. (2022). Pengaruh likuiditas, risiko bisnis, dan pertumbuhan penjualan terhadap struktur modal. Jurnal Akuntansi, Keuangan, Pajak, dan Informasi (JAKPI), 2(1).

Siregar, P. A. (2020). Risiko keuangan dan pengaruhnya terhadap profitabilitas bank syariah di Indonesia. Jurnal Ekonomi Islam, 5(1).

Syafruddin, M., & Hasna, N. A. (2021). Pengaruh corporate social responsibility terhadap kinerja keuangan perusahaan dengan risiko sebagai variabel moderasi. Journal of Accounting, 10(2), 2337–3806.

Utami, I. P. Analisis pengungkapan tanggung jawab sosial, risiko bisnis, dan kinerja keuangan perusahaan pada PT Petrokimia. Skripsi Universitas Brawijaya.

Weny, P. (2017). Pengaruh pengungkapan corporate social responsibility terhadap kinerja keuangan dengan ukuran perusahaan, risiko, dan pengungkapan media sebagai variabel pengendali pada perusahaan manufaktur yang tercatat di Bursa Efek Indonesia tahun 2011-2014.

Published

2024-09-30

How to Cite

Soemaryono Soemaryono. (2024). Pengaruh Faktor Pengungkapan Corporate Social Responsibility. Jurnal Manajemen Dan Ekonomi Kreatif, 2(4), 14–28. https://doi.org/10.59024/jumek.v2i4.454

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.