UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN CALISTUNG BAGI SISWA KELAS 2 DI SDN BARUH 3 SAMPANG

Authors

  • Melly Nur Qurani Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.59024/semnas.v2i1.146

Keywords:

Membaca, Menulis, Berhitung, VAK

Abstract

Calistung  merupakan  salah  satu  kemampuan  dasar yang perlu dimiliki setiap individu yang  terdiri  dari  kemampuan  membaca,  menulis  dan  berhitung,  dimana hal tersebut sangat  penting  untuk  memudahkan  seseorang  dalam  berkomunikasi  baik secara bahasa, tulisan dan angka. Akan tetapi, kualitas pendidikan di SDN Baruh 3 Sampang bisa terbilang masih rendah terutama pada anak usia sekolah dasar. Berdasarkan permasalahan yang dihadapi oleh penulis pada saat mengajar siswa kelas 2 antara lain, sebagian besar siswa di kelas tersebut masih belum bisa membaca, menulis, dan berhitung dengan baik sehingga mereka kesulitan untuk memahami materi yang disampaikan oleh guru. Kondisi tersebut juga disebabkan oleh pihak keluarga yang kurang mendukung anaknya untuk belajar di rumah serta pihak sekolah yang cenderung kurang bervariasi dalam memberikan metode pembelajaran bagi siswa. Salah satu solusi yang ditawarkan oleh penulis untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu  dengan menerapkan model pembelajaran VAK, dimana model pembelajaran VAK mengoptimalkan ketiga modalitas yang telah dimiliki setiap individu yang bertujuan untuk menjadikan siswa belajar dengan nyaman.

 

References

Asiah, N. (2018). Pembelajaran CALISTUNG Pendidikan Anak Usia Dini dan Ujian Masuk Calistung Sekolah Dasar di Bandar Lampung. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 5(1): 19-42., 19-42

Halimah, A. (2014). Metode Pembelajaran Membaca Dan Menulis Permulaan di SD/MI. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 1(2), 190–200.

Madika, T. (2017). Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Membaca Menulis dan Berhitung Siswa Kelas I SD. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar, 28 -33

Downloads

Published

2023-06-18

How to Cite

Melly Nur Qurani. (2023). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN CALISTUNG BAGI SISWA KELAS 2 DI SDN BARUH 3 SAMPANG. Prosiding Seminar Nasional Manajemen Dan Ekonomi, 2(1), 60–66. https://doi.org/10.59024/semnas.v2i1.146