UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN CALISTUNG BAGI SISWA KELAS 2 DI SDN BARUH 3 SAMPANG
DOI:
https://doi.org/10.59024/semnas.v2i1.146Keywords:
Membaca, Menulis, Berhitung, VAKAbstract
Calistung merupakan salah satu kemampuan dasar yang perlu dimiliki setiap individu yang terdiri dari kemampuan membaca, menulis dan berhitung, dimana hal tersebut sangat penting untuk memudahkan seseorang dalam berkomunikasi baik secara bahasa, tulisan dan angka. Akan tetapi, kualitas pendidikan di SDN Baruh 3 Sampang bisa terbilang masih rendah terutama pada anak usia sekolah dasar. Berdasarkan permasalahan yang dihadapi oleh penulis pada saat mengajar siswa kelas 2 antara lain, sebagian besar siswa di kelas tersebut masih belum bisa membaca, menulis, dan berhitung dengan baik sehingga mereka kesulitan untuk memahami materi yang disampaikan oleh guru. Kondisi tersebut juga disebabkan oleh pihak keluarga yang kurang mendukung anaknya untuk belajar di rumah serta pihak sekolah yang cenderung kurang bervariasi dalam memberikan metode pembelajaran bagi siswa. Salah satu solusi yang ditawarkan oleh penulis untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan menerapkan model pembelajaran VAK, dimana model pembelajaran VAK mengoptimalkan ketiga modalitas yang telah dimiliki setiap individu yang bertujuan untuk menjadikan siswa belajar dengan nyaman.
References
Asiah, N. (2018). Pembelajaran CALISTUNG Pendidikan Anak Usia Dini dan Ujian Masuk Calistung Sekolah Dasar di Bandar Lampung. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 5(1): 19-42., 19-42
Halimah, A. (2014). Metode Pembelajaran Membaca Dan Menulis Permulaan di SD/MI. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 1(2), 190–200.
Madika, T. (2017). Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Membaca Menulis dan Berhitung Siswa Kelas I SD. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar, 28 -33
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Melly Nur Qurani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.